10 February 2014

BERAWAL DARI KEBIASAAN MEMASAK

MURYANTO
Executive Chef Bistropolis
“Berawal dari Kebiasaan Memasak”

Foto: Effendy Wongso
“Hal besar, berawal dari hal-hal kecil”, ungkapan itu pas menggambarkan perjalanan Muryanto, Executive Chef Bistropolis. Kegemarannya memasak untuk teman-teman kos kala di Yogyakarta, mengantarnya sukses menjadi chef, khususnya masakan barat.
Ditemui beberapa waktu lalu di Resto Bistropolis, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, pria ramah ini mengungkapkan, kemampuan mengolah makanannya tidak diperoleh melalui pendidikan akademik bidang kuliner sebagaimana chef andal lainnya, akan tetapi belajar sendiri secara otodidak.
Setamat SMA pada 1997, pria kelahiran Klaten itu main ke Yogyakarta, bersama beberapa temannya. Tinggal di kos-kosan, mengharuskannya hidup mandiri. Untuk makan sehari-hari, ia harus memasak sendiri, juga memasak untuk teman-temannya.
Ternyata, teman-temannya menyukai masakan Muryanto. “Masakan yang saya buat, katanya lezat. Merekalah yang menyadarkan saya, bahwa saya punya bakat yang bagus di bidang masak,” akunya.
Menyadari bakatnya tersebut, ditambah dorongan kuat dari para sahabat, setahun kemudian di 1998, ia hijrah ke Jakarta. Mengawali kerja sebagai “kitchen cleaning” di sebuah restoran di ibu kota Jakarta. Sambil bekerja, pria kelahiran 1977 itu terus mengasah bakatnya di bidang kuliner yang sangat digemari.
“Saya sangat nyaman bekerja di bidang ini. Makanya saya berusaha terus menekuninya, hingga akhirnya dari ‘kitchen cleaning’ saya diangkat sebagai Leader Chef,” tutur Muryanto.
 Melanjutkan kisahnya, Muryanto mengatakan pada 2002 ia bekerja di Sotback Stekos, sebuah restoran Amerika di Jakarta. Di sana, ia berkesempatan belajar banyak dari chef-chef profesional asal Amerika. “Saya tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar. Dengan siapa pun bekerja, selalu saya manfaatkan untuk menimba ilmu,” tambahnya.
Dari Jakarta Muryanto beralih ke Malang. Ia bekerja di Paparoni Pizza. Di sini, lagi-lagi ia dipertemukan dengan makanan khas Eropa. Membuat keahliannya dalam mengolah makanan “Western” makin tidak diragukan. Hal itulah yang membuat owner Bistropolis, Richard Halim, merekrutnya sebagai Executive Chef. (blogkatahatiku.blogspot.com)