09 February 2014

2014, EKONOMI DIPROYEKSI LEBIH BAIK

Foto: Effendy Wongso
Seminar Ekonomi Nasional yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen (STIEM) Bongaya dengan tema "Ekonomi Nasional Milik Siapa" di Gedung Mulo, Rabu (29/1). Hadir pada seminar tersebut, Kepala Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Yakzan Hamzah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel H Jufri Rahman, dan Kepala Divisi Asesmen Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia (BI) Noor Yudanto,  dipandu moderator Zulkarnaen Basir.
Pengamat Ekonomi Indonesia, Ichsanuddin Noorsy dalam pemaparannya mengatakan untuk menumbuhkan perekonomian di semua sektor dan industri di Indonesia, sedapat mungkin menghindari konflik sosial jelang Pemilu 2014 ini.
“Tiga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan inflasi di tahun panas ini, salah satunya adalah peran serta para penegak hukum supaya tidak memihak karena akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Noor Yudanto mengatakan, dirinya yang didaulat menjadi salah satu narasumber, mengungkapkan situasi ekonomi Indonesia di 2014 ini diproyeksikan akan lebih baik dari pertumbuhan ekonomi di 2013 lalu.
"Di 2014 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai angka 5,8 persen hingga 6,2 persen, dan secara struktur diharapkan begitu. Namun, akan jauh lebih baik apabila ketergantungan Indonesia pada impor berkurang sehingga neraca pada pembayaran lebih sehat,” bebernya.
Ditambahkan,  terkait  tema seminar tentang ekonomi akan menjadi milik siapa, jawabannya adalah ekonomi akan jadi milik orang yang mandiri, bertanggung jawab, dan mau bersinergi.  (blogkatahatiku.blogspot.com)