25 February 2014

2014, BEBERAPA ARTIS RAMBAH BIDANG BISNIS

Foto: Istimewa
Bisnis kini merambah tak hanya bagi para taipan saja, tetapi bisnis kini juga dikelola oleh para artis. Salah satunya adalah bisnis fashion berupa tas yang dilakoni oleh Denada Tambunan. Bisnis tas yang ditekuni oleh penyanyi yang mengawali kariernya di musik rap ini rupanya tidak main-main, sebab meski masih terbilang baru ini tetapi Denada, demikian sapaan akrabnya, serius menekuniya. Bahkan, penyanyi cantik tersebut rela menjual koleksi tas yang dimilikinya demi mengembangkan bisnisnya di bidang fashion.
Memang, saaat dikonfirmasi di Jakarta, dalam beberapa tahun terakhir, wanita kelahiran Jakarta, Desember 1978 ini memang menggeluti profesi sebagai desainer sekaligus pengusaha tas. Sejak memiliki bisnis tersebut, putri dari artis era 1970-an Emilia Contessa ini menolak untuk memakai tas selain hasil produksinya.
“Ya, saya tidak mungkin lagi pakai tas selain merek sendiri. Jadi, semua tas saya dijual, kecuali dari ibu saya karena ada sejarahnya. Dari penjualan tas saya, hasilnya untuk mendanai bisnis-bisnis saya selanjutnya,” ungkapnya usai acara konferensi pers Indonesia Festival Week (IFW) 2014 di Galeri Nasional Jakarta, Kamis (13/2/2014).
Hingga saat ini, penyanyi yang pernah menjadi brand ambassador Coca-Cola Indonesia ini sudah memiliki dua lini bisnis tas pribadi. Bahkan menurutnya, hasil kerja keras tersebut ternyata sudah diminati oleh buyer (pembeli) asing.
“Saya pribadi sudah menggelar pameran di sana-sini, dan selama ini dapat tanggapan yang baik. Ada pembeli dari Singapura yang juga berminat terhadap produksi saya. Ini menyenangkan bagi pemain baru,” tandasnya.
Sebelum terjun di dunia bisnis, Denada awalnya dikenal sebagai rapper papan atas belantika musik Indonesia di awal 1990-an. Ia kemudian meninggalkan karier sebagai rapper untuk melanjutkan studinya di Negeri Kanguru, Australia. Sekembalinya dari negeri orang, ia mencoba eksis ke dunia musik namun tak lagi melakoni musik rap tetapi berpindah aliran ke dangdut.
Lagu-lagu dangdutnya terbilang cukup sukses, bahkan Denada masuk sebagai unggulan dalam beberapa penghargaan musik, di antaranya Anugerah Musik Indonesia (AMI) dan Penghargaan MTV Indonesia pada 2005. Selain itu, Denada juga sempat menggeluti dunia akting untuk beberapa drama layar kaya, di antaranya sinetron berjudul Cahaya Surga, Hari-hari Mau, dan Nyari Bini.
Foto: Istimewa
Sementara itu, Pevita Perce pun tak mau kalah. Saat dikonfirmasi, ia mengungkapkan bersyukur lantaran hal-hal yang sangat diinginkannya bisa terwujud di 2013 lalu. Salah satu keinginannya yang berhasil diwujudkan Pevita tahun lalu adalah bisa ambil bagian dalam ajang fashion show tahunan Jakarta Fashion Week (JFW) 2014 ini, dan mengembangkan bisnis fashion yang telah dirintisnya sejak beberapa tahun lalu.
“Alhamdulillah, banyak yang tercapai di 2013 lalu. Di 2014 ini dapat fashion show di JFW, yakni denim kolaborasi. Tahun ini saya juga mengembangkan bisnis fashion saya,” ungkapnya saat ditemui di Studio Dahsyat, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (11/12/2014).
Lantas seperti apa bisnis lain yang akan dikembangkan Pevita ke depannya? Menurut wanita pemeran film “Lost in Love” ini, dirinya akan mengokohkan bisnis-bisnisnya yang sudah berjalan.
“Saya ingin memperkuat bisnis-bisnis yang sudah saya rintis sejak 2009. Semoga bisa lebih berkembang lagi. Mudah-mudahan semua jadi lebih baik,” harapnya.
Sedangkan bagi Zaskia Gotik, sukses menjadi penyanyi bukan berarti tidak berkeinginan untuk memiliki usaha. Pemilik nama asli Zaskia Shinta itu mengaku kini memiliki beberapa usaha kontrakan (rumah) yang dikelolanya sendiri.
“Ya, adalah usaha kecil-kecilan, punya kontrakan beberapa rumah dan sawah, walaupun hanya beberapa petak. Alhamdulillah, yang penting lancar,” ujarnya, saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (10/2/2014).
Dengan terjun di dunia bisnis dengan memiliki usaha kontrakan rumah, pelantun lagu “Satu Jam Saja” itu bisa memutar uang yang didapatnya untuk kebutuhan keluarga. Terlebih dirinya mengaku masih dibutuhkan dalam keluarga lantaran memiliki adik-adik yang masih membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan lainnya.
“Kalau punya kontrakan kan uangnya terputar, jadi kalau misalnya sudah berkeluarga atau sudah berumur, kan masih ada adik-adik yang mungkin masih butuh biaya dan bantuan saya,” tandasnya.
Tak hanya Denada, Pevita, dan Zaskia, Maia Estianty pun sudah terlebih dulu terjun di dunia bisnis. Usai menggeluti tempat karaoke, pelantun lagu “Teman Tapi Mesra” ini memulai usaha jual-beli apartemen.
Saat dikonfirmasi terkait usaha barunya tersebut, mantan istri Ahmad Dani itu mengatakan, selain musik saat ini dirinya sibuk dengan bisnis investasi apartemennya tersebut.
“Lagi sibuk aktivitas jual beli properti, beli apartemen lantas dijual kembali. Investasi saja, lumayan bisa mengolah keuntungan yang luar biasa,” ungkap Maia saat ditemui beberapa waktu lalu di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan.
Menurut Maia, berkat usaha properti yang dirintisnya, ia dapat memberikan lahan pekerjaan kepada orang lain. Sebelumnya, Maia juga memiliki bisnis tempat karaoke.
“Bisnis yang saya geluti ini juga bisa mempekerjakan orang, mengolah sumber daya manusia (SDM). Saya kan juga punya manajemen, dan itu mempekerjakan manusia,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)