20 January 2014

TOKYO RICE BURGERS

Makanan Unik ala Jepang Pertama di Indonesia

Foto: Effendy Wongso
Tanpa mengabaikan kepentingan “lidah” Indonesia, pemilik resto Tokyo Rice Burgers, Julia Pupella mencoba mengkreasikan menu baru bernama Rice Burger. Ditemui di Lt 5 New Shogun Rest Building, Jalan Penghibur 2, Makassar, beberapa waktu lalu, kepada KATA HATIKU, ia memaparkan ihwal makanan ala Jepang ciptaannya yang terbilang unik ini. Unik lantaran Rice Burger adalah burger sehat yang terbuat dari olahan berbahan baku beras (nasi), dan ini merupakan karyanya sendiri yang pertama di Indonesia, dan kedua di dunia setelah di Jepang.
“Bahan baku yang saya gunakan untuk pembuatan Rice Burger ini semuanya lokal, 95 persen lokal kecuali daging. Hanya untuk bahan daging masih impor, bukan karena mutu daging kita tidak bagus tetapi untuk Rice Burger kami ini memerlukan daging yang lunak, sedangkan daging lokal itu agak keras meski dimasak lama,” ujar Julia.
Ditambahkan, penggunaan daging impor tersebut adalah untuk mengantisipasi agar kegiatan memasak tidak terlalu lama, karena Rice Burger ini adalah fast food sehat yang mesti diolah secara cepat untuk disajikan kepada konsumen.
“Itu alasannya mengapa kami masih menggunakan daging impor.Jadi untuk menu Rice Burger ini, kami hanya memakai dua produk impor. Selain daging itu tadi, kami juga menyediakan kertas pembungkus impor untuk pembungkus nasi agar tetap hangat,” papar wanita yang juga bergelut di berbagai bidang usaha di Makassar seperti properti (Julia Property) dan Kapoposang Island Resort, agen perjalanan (PT Cathay Express), dan PT Tokyo Rice Burgers Indonesia ini sendiri.

Foto: Effendy Wongso
Terbuat dari Bahan Alami

Rice Burger yang menjadi salah satu menu utama di resto Tokyo Rice Burgers, Lt 2 New Shogun Rest Building, Makassar ini, menurut Julia dibuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan MSG (Monosodium Glutamate) atau vetsin.
“Kalau burger (pao) lain biasanya menggunakan bahan pemutih untuk jenis warnanya, tetapi kami memilih menggunakan sari-sari sayuran sepert iwijen hitam, bayam, jagung, green tea, dan sayuran lainnya. Makanya, pao di Tokyo Rice Burgers tidak berwarna putih. Ini semuanya alami, sebab kita tahu penggunaan bahan atau zat pemutih pada pao biasanya membuat orang yang memakannya cepat (merasa) kembung,” jelas Julia.
Menyoal nasi sebagai bahan burger, ibu dari Yumi Nishikawa (26) ini memaparkan, hal ini memang merupakan konsep yang telah diusungnya sejak dulu, di mana “lidah” orang Indonesia itu tidak dapat terlepas dari nasi.
“Saya memang sengaja menciptakan menu burger berbahan baku nasi ini untuk menyesuaikan cita rasa Indonesia. Rice Burger ini merupakan menu burger yang menggunakan nasi sebagai pao (semacam roti) pertama Indonesia, dan nomor dua di dunia setelah Jepang,” urai Julia.
Adapun menu-menu yang disajikan di Tokyo Rice Burgers di antaranya Rice Burger dan Pao Burger yang menggunakan isi dalam Grilled Beef, Smooked Beef, Teriyaki Chicken, Fish Cutlet, Smoket Salmon, Chicken Cutlet, dan lain-lain. (blogkatahatiku.blogspot.com)