31 January 2014

TINGKATKAN PARIWISATA LEWAT DESTINASI MENARIK

Foto: Istimewa
Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Indonesia kembali dikunjungi oleh sejumlah wisatawan asing dengan menumpangi kapal pesiar cruise “MS Volendam”, yang tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Rabu (15/1/2014). Passenger yang ikut Tour Wira tersebut terdiri atas 300 orang wisatawan mancanegera (wisman), berkebangsaan Inggris, Belanda, Australia, dan beberapa negara Eropa lainnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jufri Rachman mengapresiasi kedatangan para turis yang singgah ke Makassar dalam rangka tour city tersebut. Dikatakan, sejak 2011 beberapa kapal pesiar sudah menyambangi Makassar, di mana selain Makassar para pelancong tersebut juga mengunjungi Pelabuhan Parepare dan Palopo.
Terkait volume penumpang, Jufri memaparkan kalau setiap tahun jumlahnya selalu meningkat, di mana frekuensi kunjungan kapal pesiar cruise pun terus bertambah. Hal tersebut secara langsung akan menambah pendapatan masyarakat di sekitar destinasi.
Untuk itulah, ia berharap ke depannya perlu adanya pengembangan destinasi yang lebih baik, seperti dari aspek kebersihan dan tambahan fasilitas toilet berstandar internasional.
“Saya kira masyarakat harus dilatih agar lebih santun dan ramah menghadapi para pengunjung, guna menarik minat mereka kembali mengunjungi Makassar,” pesannya.
Jufri juga mengatakan bila kedatangan para turis tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Sulsel, di mana hal itu membuktikan kalau Sulsel makin diminati oleh para wisman.
Selain itu, kedatangan mereka juga untuk melihat kekayaan budaya dan tradisi peninggalan maritim kuno kebanggaan Sulsel seperti Pelabuhan Paotere dan Fort Rotterdam di Makassar, Benteng Somba Opu di Kabupaten Gowa, serta beberapa objek wisata lainnya seperti Bantimurung di Kabupaten Maros, dan dan pasar tradisional Terong di Makassar.
Hal yang sama dikatakan Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Disbudpar Sulsel, Syafruddin. “Kedatangan rombongan penumpang kapal pesiar ini sudah yang kedua kalinya, namun sayang kali ini pihak kami (Disbudpar Sulsel) tidak dapat memberikan penyambutan khusus seperti yang dilaksanakan tahun lalu, mengingat mereka tidak punya banyak waktu lagi untuk berlama-lama di Makassar,” ungkapnya.
Seorang wisatawan asal Melbourne Australia, Jhon, saat  saat dimintai komentarnya, mengaku sangat senang dapat berkunjung di Makassar karena keramahtamahan masyarakatnya.
Menurutnya, Kota Makassar juga sudah cukup ramai sehingga ia merasa cukup terhibur. Ditambahkan, objek wisata alam Bantimurung yang terkenal dengan kupu-kupunya yang unik juga sangat menarik perhatiannya.
Di bulan-bulan berikutnya, imbuh Syafruddin, akan menyusul beberapa kapal pesiar yang akan singgah di Makassar. “Di Februari nanti, akan datang kapal pesiar MS Rotterdam, lalu pada Maret, Agustus, dan September nanti, Makassar akan disinggahi kapal pesiar MS Sea,” paparnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)