03 January 2014

TELKOM GARAP PENGGUNA MUDA

Hadirkan New UseeTV dan Indonesia Digital Icon

Foto: Effendy Wongso
UseeTV merupakan salah satu layanan unggulan PT Telkom Indonesia yang terus berupaya menyajikan hiburan yang mendidik dan menarik untuk masyarakat Indonesia. Sejak mulai beroperasi pada Juli 2012, UseeTV sudah diakses oleh hampir lima juta pengunjung, dengan unique visitors hampir 2,5 juta orang. Adapun jumlah halaman yang dilihat mencapai 31 juta halaman. Konten UseeTV terdiri dari 21 TV Channel, 102 Movie/Film, dan 523 Video on Demand yang yang tersebar dalam program lifestyle, sport, religi, edukasi, dan musik.
Keunggulan utama dari UseeTV adalah tersedianya layanan TV on Demand di mana pengguna dapat menonton program siaran TV Nasional dan daerah walaupun telah lewat waktu tayangnya hingga tujuh hari ke belakang. Dengan layanan ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk ketinggalan siaran TV favoritnya apalagi UseeTV dapat diakses dari berbagai perangkat, seperti smart-phone, komputer PC atau laptop, smart-TV dan TV biasa dengan tambahan box khusus untuk UseeTV.
Hal tersebut dijelaskan EGM Divisi Solution and Convergence Telkom Indonesia, Achmad Sugiarto dalam jumpa pers dengan para wartawan sejumlah media di Makassar terkait rilis New UseeTV dan Indonesia Digital Icon di Lt 4 Kafe Deluna, Jalan Ahmad Yani, Makassar, Kamis (2/1) malam.
“Program siaran unggulan biasanya disiarkan secara bersamaan pada prime-time sehingga membuat bingung pemirsa untuk memilih program siaran mana yang harus ditonton. Dengan adanya UseeTV hal tersebut kini bukan masalah lagi, pemirsa bebas untuk memilih sendiri waktu yang paling sesuai untuk menonton tayangan yang diinginkan,” terangnya.
Memang, memasuki 2014, UseeTV hadir dengan tampilan baru. Dijelaskan, UseeTV saat ini memiliki menu “rekomendasi” pada halaman depannya, yang memungkinkan pengguna dapat memilih dan menikmati siaran unggulan dengan satu klik saja.
“Pengguna saat ini juga dapat melihat tampilan dengan lebih jelas tanpa perlu melakukan ‘scroll down’ untuk melihat channel TV yang lain. UseeTV juga sudah website responsif sehingga tampilan disesuaikan dengan jenis dan ukuran layar gadget yang dipakai,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Sugiarto mengatakan bahwa di 2014, UseeTV hadir dengan film-film unggulan nasional maupun international. “Kami juga hadirkan film animasi untuk anak-anak yang saat ini masih dalam masa liburan sekolah, antara lain Dufan Defender, Bola Kampung The Movie, serta kerja sama film layar lebar berjudul Princess, Bajak Laut dan Aliens yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis (9/1) nanti. Selain itu, UseeTV juga menghadirkan film-film dari festival film Perancis dan berbagai film box-office international”, paparnya.
Sementara itu, General Manager Media UseeTV, AA Gede Mayun Wirayuda yang tampak hadir dalam acara, menambahkan bila pihaknya senantiasa menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan Telkom lewat media seperti ini.
“Kami sudah melakukan sosialisasi melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, sehingga masyarakat tahu keberadaan fitur baru UseeTV ini,” tandasnya.

Digital Icon
Fenoma tingginya pemanfaatan jejaring sosial di Indonesia bisa jadi karena energi yang didapat dari para netizen atau pengguna internet yang hampir 70 persen adalah berusia di bawah 25 tahun. Netizen ini biasanya user yang ingin memiliki eksistensi dan menemukan jati diri, tidak hanya di dunia nyata bahkan di dunia maya. Beragam cara dan gaya dilakukan untuk bisa mendapatkan pengakuan melalui sharing foto, tulisan atau komentar-komentar ke user-user lain.
Melihat hal tersebut, maka Telkom Indonesia menghadirkan program Digital Icon yaitu sebuah program pencarian bakat secara online yang  menjangkau para talenta yang ada di Indonesia. Syaratnya mudah, cukup dengan menggunakan telepon seluler (ponsel), user sudah dapat merekam aksinya saat bernyanyi dan atau bermain alat musik, untuk kemudian upload ke uzone.co.id.
“Program Digital Icon ini dikawal langsung oleh Ahmad Dhani, Tata Janeeta dan Lilo Kla Project. Program ini tidak main-main, semua video yang diupload tidak serta merta akan ditampilkan, karena hasil karya para talenta akan direview terlebih dahulu untuk memastikan bahwa karya tersebut layak tampil,” ungkap Sugiarto.
Dijelaskan, setelah melalui proses moderasi, video kemudian dapat ditonton masyarakat luas dan di-vote. Jika menang vote, para talenta akan dijadikan artis dalam Republik Cinta Management (RCM) yang dikelola oleh Ahmad Dhani dan akan mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah.
Para “talent” atau user yang ingin ikut, dapat mengunggah video hasil karya ke Digital Icon mulai hingga 4 Maret 2014. Sebelumnya, proses upload video sudah dimulai pada 12 Desember 2013 lalu.
“Nah, acara grand final nantinya akan ditayangkan melalui salah satu TV swasta, sekitar April 2014, di mana dari penyaringan 80 besar talenta akan didapatkan dua finalis,” bebernya.
Lebih lanjut, pria yang senang humor ini mengatakan, hingga 27 Desember 2013 lalu, sudah tercatat 682 video yang sudah diunggah ke uzone.co.id. Nantinya, para nominator yang lulus seleksi dapat dilihat melalui menu nominee di www.uzone.co.id/wow/digitalicon/nominee/2.
“Dari video yang masuk, ternyata video tidak hanya diambil dari ruang studio dengan setting visual dan audio yang mumpuni, tetapi ada juga yang diambil dari kamar tidur.Nah, inilah bukti lain adanya talenta-talenta yang malu-malu kucing, padahal mereka memiliki kualitas yang bagus,” ungkapnya.
Digital Icon sendiri diharapkan mampu mewadahi para talenta di seluruh Indonesia dan menjadi ajang pencarian bakat berbasis internet yang menggerakkan industri musik Indonesia.
“Ke depannya, Digital Icon akan menjadi ajang tahunan berkelas sebagai bentuk kontribusi uzone.co.id yang dimotori oleh Telkom Indonesia kepada industri kreatif Indonesia,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)