18 January 2014

TATA KAMAR TIDUR SENYAMAN HOTEL

Foto: Effendy Wongso
Pernahkah anda berkunjung dan menginap di hotel? Selain suasana dan servis yang nyaman, desain kamar hotel merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik dari masing-masing hotel. Beragam konsep kamar hotel saat ini dapat ditemui di kota-kota besar, ada yang menawarkan suasana klasik, modern maupun minimalis. Yuk, kita simak bagaimana membangun kamar tidur yang nyaman seperti kamar hotel.

GAYA DESAIN

Sebelum kita mendesain kamar tidur, ada baiknya kita mengenal dulu ragam gaya desain yang umum diterapkan di hotel-hotel, di mana Anda bebas memilih gaya desain yang sesuai dengan karakter dan kondisi kamar tidur Anda, setidaknya ada dua gaya desain yang sangat umum digunakan saat ini, gaya desain tersebut yaitu:

Gaya Victorian
Banyak yang menyebut gaya victorian sebagai gaya klasik, desain victorian sangat berkembang sejak abad pertengahan di Eropa, hingga kini banyak hotel yang mempertahankan desain eksterior dan interiornya dengan kesan klasik. Gaya victorian biasanya dengan mudah diketahui dari banyaknya ornamen-ornamen yang digunakan. Ornamen ini sengaja dibuat menonjol sehingga terkesan mendominasi kamar, penggunaan ukiran bermotif daun ataupun hewan sangat sering ditemui pada desain bergaya victorian.
Selain bermain di ornamen, pemilihan warna juga memberi peran yang cukup penting untuk membangun kesan klasik. Warna yang mendukung kesan klasik adalah warna-warna alami, seperti coklat dan emas. Penggunaan warna terang cenderung dihindari karena menghilangkan kesan klasik dari desain tersebut. Ada beberapa kamar hotel yang menggunakan kelambu ataupun tirai bermotif untuk memperkuat kesan klasik yang ingin ditampilkan.

Gaya Modern
Berlawanan dengan gaya victorian klasik, gaya modern atau yang lebih dikenal gaya minimalis biasanya akan meminimalkan ornamen-ornamen dalam kamar tersebut. Gaya Minimalis dapat dikenali dari desain yang sederhana dan fungsional, penggunaan warna-warna pastel yang lembut atau warna polos akan membangun kesan desain minimalis yang kuat. Kebanyakan hotel juga mulai mengkombinasikan material fabrikasi untuk memberi kesan sederhana, contoh material fabrikasi adalah aluminium dan baja.

Setelah mengenal gaya desain yang umum digunakan, Anda bisa mulai mengevaluasi kondisi kamar anda. Pertimbangkan matang-matang sebelum mulai melakukan renovasi atau redesain, sebab nyaris sepertiga waktu kita habiskan di tempat tidur, untuk belajar, istirahat atau sekadar santai. Makanya, kamar yang nyaman merupakan kewajiban yang harus kita dapatkan.

MENATA KAMAR

Luas kamar tidur Anda akan menentukan penggunaan desain yang tepat dan pilihan furniture yang dapat digunakan. Kamar tidur hotel tipe deluxe umumnya berukuran lima kali empat meter, dengan kamar mandi di dalam.
Meskipun kamar Anda tidak seluas kamar hotel tipe deluxe, Anda tetap dapat memberi kesan luas dan nyaman seperti di hotel. Ada tiga pilihan konsep kamar hotel tipe ini untuk diterapkan di kamar tidur Anda.

Tradisional
Hotel-hotel di Indonesia masih cukup banyak yang mempertahankan kamar tidur dengan konsep tradisional. Grup Hotel Sahid misalnya, tetap menjaga kesan tradisional melalui penggunaan material kayu pada ranjang dan furniture di dalam kamar. Warna dinding yang dipilih pun merupakan warna-warna tanah seperti coklat muda. Tetapi bila Anda tertarik, dapat juga menggunakan wallpaper dengan motif bunga-bunga yang simpel.
Untuk memperkuat kesan tradisional, gunakan furniture yang klasik seperti lemari kayu berwarna coklat gelap, kursi kayu, dan lampu gantung. Tambahkan hiasan yang senada dengan tema desain Anda, misalnya memilih desain khas daerah masing-masing seperti arsitektur pahat Tana Toraja, Dayak, dan sebagainya. Bisa juga sarung tentun yang diberi bingkai, di mana ini akan menambah daya tarik kamar tidur tradisional Anda.
Lantai kayu berbahan parket juga akan memperindah kamar Anda. Lantai ini biasanya dijual dengan satuan permeter persegi, Anda dapat membelinya di toko bangunan atau supplier di kota Anda.

Eksotis
Pernahkah Anda berkunjung ke resort di bali? Ada beberapa hotel yang menawarkan pemandangn dan suasana yang berkesan eksotis. Apabila ruangan Anda mencukupi, memilih tema eksotis sah-sah saja. Contoh penggunaan furniture eksotis adalah ranjang gantung, ranjang ini berbahan kayu namun digantung di langit-langit kamar, Anda tentu perlu membongkar dan menanam pen dan rantai penahan beban ranjang.
Apabila kamar tidur Anda berdekatan dengan taman, Anda bisa membuat taman khusus, cobalah memberi pintu atau jendela yang langsung mengarah ke taman sehingga akses taman tersebut hanya bisa melalui kamar tidur Anda.
Akuarium berukuran besar dapat membangun kesan eksotis dan unik di kamar Anda. Pilihlah akuarium air tawar maupun air laut, akuarium air laut akan terlihat lebih jernih namun umumnya biaya pembuatan dan perawatannya lebih tinggi dibanding akuarium air tawar.

Modern Minimalis
Kamar tidur berkesan modern menggunakan desain yang sederhana namun sangat fungsional, untuk membangun kamar tidur bertema modern, Anda dapat memulainya dengan gunakan ranjang berpermukaan rendah. Ranjang ini biasanya berbahan kayu atau aluminium.
Pilihlah warna pastel pada dinding Anda, gunakan warna yang simpel seperti hijau muda atau biru muda. Bisa juga menggunakan warllpaper, ada cukup banyak desain wallpaper yang menarik untuk Anda terapkan. Jangan lupa menambahkan cermin yang cukup di kamar Anda, hal ini akan memberi kesan luas dan terang. Selain itu, biasanya kamar yang modern menggunakan karpet untuk menutup lantai, pilihlah karpet yang lembut namun cukup mudah untuk dibersihkan.
Untuk furniture, usahakan memilih furniture yang multifungsi, misalnya rak televisi bisa sekaligus berfungsi sebagai rak buku atau pajangan. Nah, setelah mempertimbangkan desain-desain tadi, semoga Anda bisa mendesain kamar tidur dengan lebih baik, dan sesuai tema yang Anda inginkan. Jangan takut untuk mecoba menggunakan material-material baru dalam proses mendesain kamar Anda tersebut. (blogkatahatiku.blogspot.com)