21 January 2014

SPORTIVITAS DI ATAS SEGALANYA

ANDI ILHAMSYAH MATTALATTA
Wakil Ketua II KONI Sulsel
“Sportivitas di Atas Segalanya”

Foto: Pribadi
Cuaca mendung di langit Makassar yang sore itu menaungi Gedung Olahraga (GOR) Andi Mattalatta, Makassar, tidak membuat surut Wakil ketua II Komite Olahraga Sulawesi Selatan (KONI)  Andi Ilham Mattalatta. Lelaki yang memiliki prinsip teguh ini tampak santai dengan pakaian sporty-nya saat disambangi beberapa lalu di gelanggang olahraga kebanggaan Sulsel, yang kebetulan mengabadikan nama ayahnya tersebut.
Dengan mengumbar senyum, ia bercerita beberapa pengalamannya selama mengabdi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel. Sebagai orang yang bersumbangsih besar pada pengembangan olahraga, Ilham, demikian ia dipanggil, memang terilhami sebuah bait lagu nasional.
“Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya,” boleh jadi hanya sebaris lirik, tetapi menurutnya sangat memotivasi dirinya untuk berkarya bagi bangsa di bidang olahraga. Bahkan lirik lagu tersebut dijadikan semboyan yang dapat menginspirasi kaum muda agar turut berandil mengharumkan nama Sulsel di bidang olahraga.
Laki-laki yang selalu menempatkan sportivitas di atas segalanya ini mengingatkan tentang bagaimana pentingnya olahraga dalam membangun tubuh yang sehat. “Manusia modern harusnya menyadari betapa pentingnya tubuh yang sehat, sebab kalau tidak maka aktivitas tidak dapat dilakukan dengan baik,” imbuhnya.
Dijelaskan, sebagaimana dalam pepatah Yunani kuno Mens sana in corpore sano yang berarti “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”, maka hal tersebut menyiratkan betapa pentingnya manusia berolahraga.
“Dengan berolahraga, kita otomatis menumbuhkan jiwa sportivitas dan kebersamaan, serta semangat bela daerah,” ungkapnya.
 Ia menambahkan, sebagai penerus bangsa, putra-putri Indonesia harus berbekal kemauan yang kuat untuk terus mengibarkan panji merah putih dalam bidang olahraga, agar nama Indonesia harum di dunia internasional. Selain itu, secara tidak langsung turut berpartisipasi mengembangkan minat terhadap olahraga kepada masyarakat.
Ketika ditanya mengenai kondisi olahraga di Sulsel, khususnya Makassar, mantan atlet ski air nasional ini menjawab gamblang. “Potensi olahraga di daerah ini patut diacungkan jempol. Hal itu dapat dilihat prestasi atlet-atlet yang sering mengharumkan nama Makassar. Sulsel sendiri merupakan gudang beberapa gudang atlet nasional yang potensial. Contohnya, beberapa tahun lalu, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-17 Kaltim, posisi Sulsel terdongkrak naik ke peringkat enam setelah pada PON sebelumnya berada di peringkat ke-10. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri yang berhasil diukir Sulsel dalam kancah olahraga,” paparnya.
Untuk itulah, Ilham kembali mengingatkan pentingnya regenerasi alet-atlet baru yang lebih profesional, yang sudah barang tentu harus diimbangi dengan pemantapan dan peningkatan fasilitas olahraga sebagai penunjang prestasi. Pemerintah Kota Makassar, tambahmya, harus memberikan perhatian khusus untuk pembinaan, pengembangan, dan peningkatan sarana serta fasilitas olahraga. (blogkatahatiku.blogspot.com)