11 January 2014

SOP KONRO

RM SOP KONRO KAREBOSI
Kuliner Khas Makassar yang Laris di Tanah Rantau

Foto: Dok KATA HATIKU
 Meskipun di ranah rantau, namun Iswadi selaku pemilik Rumah Makan (RM) Sop Konro Karebosi yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tetap membawa dan menumbuhkan kearifan lokal meskipun dalam bentuk lain, seperti sedapnya aroma kuliner khas Makassar, Sop Konro.
Disambangi beberapa waktu lalu di rumah makannya yang terbilang sederhana di sebuah ruko kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Iswadi mengatakan RM Sop Konro Karebosi telah berdiri sejak 1967, dirintis oleh ayahnya H Hanaping yang merupakan pencetus pertama atau bisa dikatakan sebagai penemu pertama kuliner Konro yang menjadi makanan khas Makassar ini.
“Rumah makan ini pertama kali berdiri di Lapangan Karebosi, Makassar, dengan konsep kaki lima. Seiring berjalannya waktu, rumah makan ini berkembang, dan orang tua saya memutuskan untuk membeli rumah yang berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang, Makassar, dan ada sampai sekarang. Lokasi tersebut, masih dipakai sebagai tempat berjualan Sop Konro,” terang pria berusia 35 tahun ini.
Di Jakarta, RM Sop Konro Karebosi mulai beroperasi pada November 1993. Rumah makan ini merupakan cabang dari rumah makan pusat yang terletak di Jalan Gunung Lompobattang, Makassar. Di Jakarta sendiri, Iswandi memiliki cabang lain selain di Kelapa Gading, yaitu Tebet dan Serpong.
“Untuk menunya, selain Sop Konro, rumah makan ini menyajikan beberapa makanan khas Makassar, di antaranya Coto Makassar, Sop Saudara, dan Ikan Bakar Makassar atau lebih dikenal dengan ikan bolu (bandeng),” imbuh Iswadi.
Sementara itu, kisaran harga yang dipatok juga bervariasi yaitu Sop Konro dengan harga Rp 40 ribu, Coto Makassar Rp 25 ribu, dan untuk ikan bakar harganya fluktuatif tergantung tempat beli bahan bakunya.
Untuk juru masak, Iswadi mengaku bisa dikerjakan oleh siapa saja. “Tidak harus orang Makassar karena siapa saja bisa memperlajari resep yang diberikan, dan mengolahnya menjadi masakan yang enak,” ungkapnya.
Foto: Dok KATA HATIKU
Meskipun lokasinya di Jakarta, namun tidak mengubah rasa masakannya. Dari segi porsi pun hampir sama yaitu untuk Coto Makassar terdapat sekitar 15 potong daging per porsi yang terdiri dari hati, lidah, jantung, babat, dan daging.
“Ya, Sop Konro merupakan makanan andalan di rumah makan ini,” imbuh Iswadi.
Di daerah Kelapa Gading sendiri terdapat beberapa rumah makan yang menjual makanam khas Makassar, misalnya RM Marannu, RM Pelangi, dan RM Baji Pamai. Akan tetapi, bagi Iswadi, rumah makan khas Makassar yang berdiri di sekitar rumah makannya tidak dianggapnya sebagai pesaing. “Rejeki sudah diatur oleh Yang Mahakuasa,” alasannya.
Untuk para pengunjung yang ingin datang mencicipi Sop Konro di RM Sop Konro Karebosi ini pasti tidak akan menyesal, karena resepnya sangat istimewa dan merupakan resep turun temurun dan berbeda dari konsep Sop Konro yang ditawarkan di tempat lain.
Jadi, bagi warga Makassar yang berdomisili di Jakarta, atau berencana untuk pergi ke Jakarta, jangan lupa sisihkan waktu di rumah makan yang terletak di daerah Kelapa Gading ini. (blogkatahatiku.blogspot.com)