05 January 2014

RESTO BAKMI NAGA

SENSASI GOYANG LIDAH ALA ORIENTAL
  
Foto: Effendy Wongso
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, tetapi untuk sekadar menikmati sensasi goyang lidah ala oriental tak perlu ke negeri panda beranak-pinak tersebut. Sambangi saja Resto Bakmi Naga di Lower Ground Trans Studio Mall (TSM), Jalan HM Daeng Patombo, Metro Tanjung Bunga, Makassar. Di sini, aneka kuliner dan sajian khas Negeri Tirai Bambu tersaji menggiurkan.
Dengan lebih dari 200 menu sehat dan berkualitas, Resto Bakmi Naga hadir untuk memanjakan pecinta kuliner di Kota Anging Mammiri. Sajian makanan yang memiliki cita rasa lezat dan unik ini memang tak terlepas dari komposisi bahan serta cara pembuatan yang berkualitas. Resto ini tidak hanya menjual menu bakmi saja, tetapi juga menu oriental dengan nuansa Indonesia. Hal inilah yang membuat Resto Bakmi Naga selalu ramai dikunjungi setiap hari.
Semua menu yang ditawarkan di resto yang pada Juli 2012 lalu mendapat penghargaan sebagai brand waralaba Top of Mind 2012 dari Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Top Brand 2012 dari Frontier Consulting dan Badan Surveyor Indonesia, memiliki cita rasa dan kelebihannya masing-masing. Namun kali ini, KATA HATIKU akan membahas tiga menu unggulan yang menjadi ciri khas dari Resto Bakmi Naga, antara lain Bakmi Naga Spesial, Bakmi Garing (Yi Fu Mie), dan Pangsit Goreng.
Manajer Resto Bakmi Naga TSM, Subur, mengatakan semua bahan yang digunakan untuk pembuatan menu makanan dan minuman di Resto Bakmi Naga adalah produk-produk yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet atau mengandung zat kimia.
"Terbuat dari komposisi yang alami yang baik untuk kesehatan, sehingga setelah makan bakmie yang kami jual ini, konsumen tidak akan mengalami kembung atau sakit maag, ungkapnya.
Menurut Subur, Bakmi Naga Spesial merupakan produk unggulan dari restoran yang diawali dari metode gerobak di Jakarta. Namun setelah mengadakan trial and development, baik dari sisi kualitas, cita rasa dan metode masak, maka pada 1980-an, Ny Liong, owner sekaligus pencetus bakmi ini memberi nama Bakmi Naga. Kini resto yang telah berkembang hingga ratusan gerai ini telah diwaralabakan dengan dua jenis usaha, yakni
"Komposisi dari bakmi naga spesial ini antara lain bakmi rebus, ayam, jamur, telur puyuh, buah nenas, dan sayur sawi hijau,” bebernya.
Menurutnya, proses pembuatan Bakmi Naga Spesial juga melewati beberapa tahap dengan metode yang benar dan bersih, serta dijamin halal. "Prosedurnya antara lain bakmi direbus, diberi sedikit minyak nabati, kemudian dihias dengan nenas dan sayur sawi. buah nenas adalah salah satu jenis buah yang memiliki cita rasa yang unik yaitu ada rasa manis, asam, dan asin sehingga apabila dikombinasikan dalam mie, cita rasa mie ini juga akan  terasa berbeda dan jauh lebih enak," katanya.
Subur menjelaskan, selain Bakmi Naga Spesial, Resto Bakmi Naga juga menyediakan bakmi garing yang tidak kalah menarik dengan menu lainnya. "Bakmi garing atau Yi Fu Mie ini merupakan salah satu menu unggulan kita, karena bentuk dan rasanya tidak dapat ditemukan di restoran lain. Teksturnya yang garing dan renyah, membuat pengunjung ingin terus menikmatinya,jelasnya.
Sama seperti bakmi naga spesial, lanjut Subur, bakmi garing juga terbuat dari bahan-bahan bergizi dengan metode memasak yang dikontrol. "Bahan-bahannya terdiri dari sayuran, sawi, kembang kol, jamur, ayam, bakso, dan udang. Cara membuatnya juga mudah yaitu bakmi digoreng sampai kering, kemudian disiram dengan kuah cap cae,” urainya.
Ditambahkan, bakmi garing terbuat dari seratus persen telur sehingga pada saat digoreng kering, bakmi tersebut mengembang dan renyah pada saat dimakan. “Dalam mengkreasikan jenis menu ini, owner melakukan eksperimen selama bertahun-tahun. pada akhirnya kami bisa mendapatkan cita rasa yang istimewa,” ungkapnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)