03 January 2014

RESOLUSI DI TAHUN KUDA



REFORMASI HIDUP ANDA MENUJU MASA DEPAN

Foto: Dok KATA HATIKU
Sudah siapkah Anda menyongsong masa depan? Berdasarkan perhitungan kalender lunar Tiongkok (China), 2014 ini adalah tahun “Kuda”. Sama halnya dengan kuda yang kuat dan enerjik, hewan mitologi Tiongkok tersebut yang merupakan salah satu dari kedua belas binatang, tahun ini adalah tahun yang powerful dan diprediksi sebagai tahun kebangkitan perekonomian dunia!
Nah, bersiaplah mewujudkan resolusi Anda di tahun ini. Sebelum menuju masa depan, cobalah mundur sejenak ke belakang. Apakah Anda sudah memenuhi resolusi di tahun-tahun lalu? Jika sudah, selamat kepada Anda yang telah mencapainya. Namun bagi yang belum berhasil menggapai semua resolusi di tahun lalu, jangan menyerah. Tahun ini ini buatlah rencana yang lebih realistis ketimbang sekadar membuat “pengharapan kosong” di tahun baru. Inilah sesungguhnya “resolusi”, yang tak sekadar reformasi. Jadi, Anda tidak hanya menuliskan resolusi, tetapi juga turut menuliskan reformasi, bagaimana cara Anda mencapai resolusi tersebut.
Memiliki cita-cita setinggi langit memang perlu guna memotivasi diri. Namun cobalah juga untuk melihat ke bawah dan menginjak bumi, agar kita tersadar dengan segala kekurangan dan kelebihan diri masing-masing. Usahakan resolusi yang Anda terapkan di tahun ini cukup mudah digapai.
Resolusi merupakan target yang akan kita capai selama setahun. Resolusi seperti koridor untuk langkah-langkah kita dalam menjalani kehidupan supaya jelas arah tujuannya. Dengan kata lain, kita tidak terombang-ambing seperti kapal yang kehabisan bahan bakar di laut lepas. Untuk membuat resolusi sebenarnya tidak perlu menunggu awal Tahun Baru. Tetapi, bagi kebanyakan orang, Tahun Baru merupakan momentum paling pas untuk refleksi sekaligus membuat resolusi. Momen itu bisa menjadi titik awal untuk berlari mengejar target yang telah kita tentukan.

Arti Resolusi
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata resolusi diterjemahkan sebagai re-so-lu-si /resolusi/ yang merupakan putusan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, siding); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal atau rapat yang akhirnya mengeluarkan suatu yang akan diajukan.
Sederhananya, makna resolusi dapat kita gunakan untuk menyimpulkan harapan, tujuan, dan hal konkrit yang akan kita capai tahun depan. Misalnya, bisa mendapatkan nilai A pada nilai ujian, mendapat kesempatan magang di kantor bonafid, pindah tempat tinggal, menyelesaikan skripsi, bebas hutang, bisa menabung, membeli motor, mendapat pekerjaan, atau bisa juga mendapat pacar.
Banyak orang membuat berbagai resolusi setiap Tahun Baru dengan berbagai alasan. Bagi Anda yang menginginkan kemajuan karier pada 2014 ini, membuat resolusi menjadi hal yang tidak kalah penting. Tetapi, ada strategi untuk mencapai resolusi tersebut. Untuk bisa mewujudkan resolusi secara maksimal, laksanakanlah sejumlah langkah berikut:
Banyak orang begitu termotivasi membuat berbagai resolusi Tahun Baru. Namun ketika momen itu berlalu mereka menjadi malas dan kurang bersemangat menjalankannya. Sebaiknya, pertimbangkan resolusi yang Anda buat dengan hati-hati dan tuliskan semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang akan Anda lakukan, langkah-langkah apa yang harus diambil sepanjang tahun, dan bagaimana pencapaian resolusi tersebut bisa membuat karier Anda bertambah baik dibandingkan tahun sebelumnya?

Berbahagia
Sudah bahagiakah Anda? Mungkin Anda berpikir ini adalah pertanyaan yang masuk dalam kategori basa-basi. Cobalah tanya hati Anda yang terdalam, apakah benar Anda sudah bahagia? Berapa banyak keluhan yang Anda lontarkan setiap hari? Berapa banyak makian yang Anda keluarkan sembari berkendara ke kantor? Jika dalam satu minggu jawabannya lebih dari 100 kali, berarti Anda memang belum bahagia.
Sadarkah Anda terkadang perasaan tidak bahagia itu datangnya dari dalam diri sendiri. Mulai saat ini cobalah untuk menahan diri untuk tidak berkomentar dan complain tentang apapun. Jika Anda pada akhirnya tidak bisa menahannya, gunakan kata-kata yang “manis” ataupun pujian yang sebenarnya bersifat sarkastis daripada menyebutkan semua makian kasar yang pernah ada.

Manajemen Diri
Bisakah Anda menjawab pertanyaan ini dalam waktu satu menit: “Di manakah letak surat perjanjian kerja antara perusahaan Anda dan klien dua minggu yang lalu?”,  “Di manakah letak paper clip?”, “Di manakah letak nota makan siang yang akan Anda reimburse ke kantor seminggu yang lalu?”. Jika Anda dapat memberitahu jawabannya dalam waktu satu menit berarti Anda orang yang cukup terorganisir dengan baik.
Bila tidak, tahun ini adalah saatnya untuk mengubah semua kebiasaan lalai itu. Gail Blanke dalam bukunya yang berjudul Throw Out Fifty Things: Clear the Clutter, Find Your Life, menyebutkan untuk menjadi orang yang bahagia dan terorganisir sebenarnya tidaklah susah. Ada beberapa hal yang harus Anda singkirkan di sekeliling Anda, misalnya di lingkungan kantor.
Berikut langkah-langlah yang harus Anda lakukan. Pertama, kenali diri Anda, siapakah Anda sebenarnya dan apa tanggung jawab Anda di tempat Anda bekerja. Tuliskan apa saja yang membedakan Anda dengan orang-orang lain di bidang yang sama yang juga bekerja di perusahaan tersebut. Lalu, tuliskan dengan yakin barangbarang apa saja yang sebenarnya Anda tidak butuhkan. Be brave!
Kedua, singkirkan semua barang yang tidak ada untungnya untuk Anda di masa depan. Jangan biarkan diri Anda terlarut dalam ide-ide lama yang tidak mungkin untuk diwujudkan.
Ketiga, beralihlah ke digital. Kurangi file dalam bentuk hardcopy. Sebaiknya Anda hanya menyimpan hardcopy file yang benar-benar penting, namun jangan lupa untuk membuat back up-nya di komputer kantor Anda.
Keempat, jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk menganalisa apa yang sudah dikerjakan dengan baik dan yang tidak di masa lalu. Lepaskan diri Anda dari bayang-bayang masa lalu, dan mulailah hidup di masa sekarang. Pikirkan strategi untuk hari ini dan seterusnya. Mulailah dari sekarang.

Realisasi
Ada rencana untuk dipromosikan ke jenjang karier yang lebih tinggi di tahun ini? Jangan hanya berencana, jadikan impian itu nyata. Akan tetapi pastikan Anda sudah siap dengan tanggung jawab yang lebih daripada sebelumnya.
Jika Anda yakin Anda mampu dan memang sudah pantas mendapatkan promosi, yakinkan atasan Anda. Bagaimana caranya? Tunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang efektif dalam bekerja dan mampu memberikan kontribusi maksimal untuk perusahaan Anda
 Misalnya, datang tepat waktu ke kantor, menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, dan selalu hadir dengan ide-ide baru yang inovatif di kala rapat. Selain itu, tunjukkan juga bahwa Anda adalah orang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. Jalinlah relasi dengan seluruh teman-teman kantor Anda sebaik-baiknya, agar Anda mendapatkan dukungan dari luar juga.
Apa yang harus Anda lakukan untuk menambah jumlah rekening Anda? Banyak sebenarnya. Jika Anda tahun ini memutuskan untuk berhenti bekerja di sebuah perusahaan dan berencana membangun sendiri usaha Anda, itu adalah ide bagus. Namun jika Anda belum ada rencana membangun usaha sendiri, Anda bisa mengerjakan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan rutin Anda sehari-hari. Banyak peluang dan hal yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini adalah beberapa gambaran usaha yang bisa Anda lakukan untuk menambah income tiap bulannya:
Pertama, berjualan pulsa. Hampir setiap orang memiliki handphone. Coba perhatikan, bahkan office boy di kantor Anda saja punya dua handphone, yang satu GSM dan satu lagi CDMA. Nah, inilah peluang Anda untuk berjualan pulsa. Tidak perlu malu untuk menawarkan pulsa kepada rekan kerja Anda. Toh, mereka pun pasti membutuhkannya.
Kedua, online shop. Sering mendapatkan email blast dari teman-teman yang berjualan secara online di situs-situs pertemanan? Anda pun sebenarnya bisa berjualan secara online. Mulailah dari barang-barang fashion, dan pastikan transaksi Anda di monitor setiap hari agar tidak merugi atau tertipu.
Ketiga, menjadi pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak. Tidak ada salahnya berbagi ilmu dengan orang lain. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik seperti misalnya Inggris, Mandarin, Perancis, dan lain sebagainya, tidak ada salahnya meniti karier sebagai guru bahasa asing untuk anak-anak. Anda bisa melakukannya di akhir pekan, jadi tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. (blogkatahatiku.blogspot.com)