27 January 2014

OLAHRAGA SUDAH JADI GAYA HIDUP

YASSER DWI PUTRA
Store Manager Planet Sports MaRI, Makassar
“Olahraga Sudah Jadi Gaya Hidup”

Foto: Effendy Wongso
Pada dasarnya, toko olahraga atau sports store yang menjual perlengkapan olahraga bertujuan untuk membantu masyarakat agar dengan mudah mendapatkan peralatan olahraga sesuai dengan olahraga yang ditekuninya. Olahraga sendiri adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat jasmani dan rohaninya di tengah aktivitas maupun kesibukan sehari-hari.
Tak terkecuali dengan kehadiran Planet Sports yang bernaung di bawah bendera PT Mitra Adiperkasa (MAP), di mana kehadiran salah satu anak usaha MAP ini tidak terlepas dari kacamata bisnis yang membidik prospek menjanjikan pangsa pasar di bidang olahraga. Tak sekadar itu, olahraga juga telah menjadi kebutuhan, bahkan gaya hidup seseorang.
Sebagai salah satu perusahaan yang mengedepankan visi edukatif, Planet Sports pun berkontribusi penting sebagai medium representatif, di mana masyarakat dapat mendapatkan kebutuhan olahraga yang berkualitas di sini. Hal tersebut dikemukakan oleh Store Manager Planet Sports MaRI Makassar saat ditemui beberapa waktu lalu di Planet Sports, Lt 1 Mal Ratu Indah (MaRI), Jalan Sam Ratulangi, Makassar.
 “Kami dapat menjamin kualitas dan keaslian barang-barang yang kami jual di Planet Sports. Seperti yang Anda ketahui, saat ini peralatan olahraga yang baik tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Nah, jadi orang yang membeli perlengkapan olahraga tak sekadar membeli alat, tetapi juga teknologinya,” jelasnya.
Ditambahkan, teknologi yang ia maksud adalah sistem atau standar olahraga yang mendukung aktivitas berolahraga yang baik dan benar. Dicontohkan, untuk sepatu Reebok yang dijual di Planet Sports telah didukung oleh teknologi Zigzag Technologi (Zigtech), di mana jika dipakai dapat membantu membakar kalori seseorang, jauh lebih efektif dari produk biasa.
“Memang, untuk saat ini, produk yang paling digemari konsumen adalah tren gym (gymnastic). Ini berupa sepatu, atau jersey (kostum olahraga) seperti untuk jogging, bola, dan sebagainya. Penjualan produk-produk ini cukup lumayan, dalam sehari kurang lebih bisa meraup Rp 10 juta,” ungkap Yasser ketika ditanya menyoal omset.
Kendati demikian, secara kuantitas produk-produk lain juga tidak terlalu jauh persentase penjualannya, dan rata-rata sama-sama digemari oleh pembeli. Hanya saja, untuk peralalatan golf memang berdasarkan momentum, dan tidak setiap saat diburu pembeli karena barang-barang tersebut price-nya untuk “middle-up”.
“Penjualan produk golf tergantung momentum. Jika ada pembelian, dapat meraup omset Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Planet Sports sendiri menjual brand-brand ternama yang digemari konsumen, di antaranya Honma, Mizuno, Wilson, dan lain-lain,” papar pria kelahiran 13 September 1986 ini.
Foto: Effendy Wongso
Yasser menyebut, larisnya produk olahraga dari tahun ke tahun yang dijual di Planet Sports tidak terlepas dari perkembangan olahraga itu sendiri, khususnya di Makassar.
“Saya melihat perkembangan dan minat olahraga di Makassar semakin meningkat. Ini tidak lain bahwa masyarakat sudah menjadikan olahraga sebagai kebutuhan, bahkan gaya hidup,” runutnya.
Menurutnya, kegiatan berolahraga kini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat kelas atas saja, tetapi sudah dilakukan oleh hampir semua masyarakat. Oleh karena itu, Planet Sports sendiri telah mengakomodir produk olahraga berkualitas untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dengan cara memberi diskon dan program-program sejenis.
“Kami sering mengadakan penjualan diskon, ini salah satu cara agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh perlengkapan olahraga yang berkualitas,” tandasnya.
Sementara itu, ketika dikonfirmasi via milis, salah seorang pengamat sepakbola online (blogger), Angga Aldia Putra, menjelaskan bahwa peluang bisnis perlengkapan olahraga persentasenya lebih banyak didominasi penjualan lewat internet (online).
“Saat ini saya melihat adanya peluang usaha yang dibuat untuk memudahkan orang mendapatkan perlengkapan olahraganya. Maka dari itu dengan berdirinya perusahaan lewat online, masyarakat dari mana saja, dapat dengan mudah mencari perlengkapan olahraga yang meraka inginkan, terutama sepakbola dan futsal.
“Toko sports online adalah salah satu cara smart untuk berusaha di bidang olahraga. Biasanya, para penjual online tak memerlukan modal besar seperti menyediakan showroom, tetapi cukup bermodalkan meng-upload foto alat-alat olahraga tersebut, dan jika ada yang memesan maka barulah si penjual itu akan menghubungi toko offline (toko reguler). Dari mark-up price atau apalah namanya inilah mereka dapat meraih laba,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)