20 January 2014

NASI GORENG ZODIAC

Dari Nasi Goreng Itim hingga Nasi Goreng Ijo

Foto: Effendy Wongso
Nasi goreng, siapa yang tidak kenal? Makanan satu ini adalah jenis makanan rumahan yang paling diminati. Salah satu alasannya karena cara membuatnya yang mudah. Nasi goreng juga jenis makanan sederhana yang dapat dibuat sesuai dengan selera.
Meski sederhana, namun jika bertemu dengan tangan yang kreatif maka jadi jugalah nasi goreng spesial yang lezat seperti yang dilakukan Andi Pangerang Pelealu, pemilik Zodiac Cafe and Resto, Jalan Bontolempangan, Makassar.
Zodiac Cafe and Resto yang dibuka pada 19 Maret 2012 lalu ini menyediakan berbagai macam nasi goreng. Di antaranya adalah Nasi Goreng Itim, di mana kata itim tersebut diambil dari bahasa Filipina yang berarti hitam.
Seperti namanya, nasi goreng ini memang berwarna hitam, namun bukan karena memakai zat pewarna makanan melainkan karena nasi goreng ini menggunakan tinta cumi-cumi sebagai campuran nasi.
Andi, panggilan akrab pemilik Zodiac Cafe and Resto ini, mengatakan bahwa ide menu tersebut adalah gagasan sendiri berdasarkan perpaduan antara resep keluarga dan resep yang didapatkan sewaktu kuliah di Australia pada 2006 lalu.
Nasi goreng ini digoreng seperti biasa, yang membedakannya adalah campuran tinta cumi-cumi saat nasi goreng tersebut setengah matang.Tinta cumi-cuminya pun telah diolah sebelum dicampurkan ke nasi. Tinta cumi-cumi ini ditumis dulu dengan menggunakan rempah-rempah agar menghasilkan cita rasa yang nikmat. Bukan hanya itu, berbagai macam seafood seperti ayam, cumi, dan udang menjadi teman hidangan yang menggiurkan ini. Nasi goreng jenis ini dibanderol dengan harga terjangkau.
Foto: Effendy Wongso
Nasi Goreng Ijo, nasi goreng jenis ini tentu saja berwarna hijau, juga bukan karena menggunakan pewarna melainkan dicampur dengan sari bayam. Seperti Nasi Goreng Itim, Nasi Goreng Ijo ini juga digoreng seperti biasa dan pada saat setengah matang dicampurkan dengan sayur bayam yang telah diblender. Tentu saja bagi yang memperhatikan kesehatan, nasi goreng ini tentu sangat pas karena ditumis dengan menggunakan minyak yang sedikit dengan campuran sayur bayam yang sangat bergizi.
Nasi Goreng Seafood, aneka seafood memang menjadi campuran nasi goreng ini. Bahkan minyak yang dipakai adalah minyak ikan yang membuat rasa nasi goreng ini benar-benar asli rasa makanan laut. Kenikmatannya ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
Lalu ada, Nasi Goreng Pangsit, meski yang sering kita temui adalah mie pangsit, namun pria kelahiran Kupang, 27 Juli 1987 ini selalu membuat inovasi dalam produknya. Ia membuat nasi goreng pangsit. Menurut Andi, cita rasanya sama, hanya menggunakan bahan baku yang berbeda.
“Kalau umumnya menggunakan mie sebagai bahan dasar, maka saya menggunakan nasi,” ujarnya.
Zodiac Style Fried Rice, inilah menu andalan resto yang satu ini. Dinamakan Zodiac Style karena hanya di tempat ini dapat ditemukan nasi goreng jenis ini. Nasi goreng tersebut disajikan bersama dengan ikan tuna, lengkap dengan bumbu dabu-dabu yang segar. Tuna berikut bumbunya, disajikan di atas nasi goreng merah yang diracik dengan bumbu khas Zodiac Cafe and Resto.
Zodiac Cafe and Resto melayani pengunjung 24 jam setiap hari. Kafe ini sangat menghargai privacy pengunjung. Para pelayan tak diperbolehkan untuk mengambil gambar bersama pengunjung, terutama dengan beberapa artis yang pernah singgah di tempat ini seperti Rio Febrian, Fadli Padi, danYoda Idol.
Andi mengatakan bahwa ia akan langsung memberhentikan karyawannya jika melanggar aturan ini. Menurutnya aturan ini sangat penting untuk menjaga privacy pelanggannya. (blogkatahatiku.blogspot.com)