14 January 2014

MUSIM HUJAN HARGA CABAI NAIK

Foto: Effendy Wongso
Cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi tinggi, dan merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia lantaran memiliki harga jual yang tinggi pula. Musim penghujan yang belakangan ini masih terus mengguyur wilayah Indonesia nampaknya berpengaruh terhadap harga jual cabai di pasaran.
Seperti halnya di pasar tradisional Terong, Makassar, harga cabai sudah merangkak naik. Kenaikan harga ini sudah terjadi terjadi sejak sepekan di awal tahun baru. Diperkirakan, harga-harga cabai masih terus akan merangkak naik sampai jelang hari raya Imlek di pengujung Januari ini.
Cabai merah yang per kilonya dijual dengan harga Rp 12 ribu, kini merangkak naik menjadi Rp 15 ribu per kilogramnya. Jumiati, salah seorang pedagang cabai di Pasar Terong, mengatakan, biasanya cabai keriting dan cabai rawit yang ia peroleh berasal dari pemasok dari Malino dan Malakaji, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang mengangkut cabai-cabai tersebut dengan mobil pengangkut langsung dari daerah asalnya.
“Lombok (cabai) sekarang harganya naik karena musim hujan. Jadi, jarang ada yang panen. Apalagi, pedagang dari Malino sedikit saja membawa lombok ke Pasar Terong. Jadi kami jual juga dengan harga mahal,” ungkapnya.
Bukan hanya cabai merah yang harganya melonjak namun, namun cabai kecil (rawit) juga semakin mahal. “Lombok kecil (cabai rawit) harganya menjadi Rp 20 ribu per kilogrammnya, karena para pedagang memasok cabai rawit dengan harga Rp 19 ribu per kilogramnya.
Jumiati mengaku membeli cabai setiap harinya sebanyak 10 hingga 15 kilogram, dan biasanya habis terjual selama seminggu. Akan tetapi dengan kondisi musim hujan seperti saat ini, cabai yang mereka jual mudah busuk. “Hanya bisa bertahan tiga sampai empat hari saja,” ujarnya.
Dituturkan, cabai sulit ditanam bila musim penghujan tiba karena hasilnya akan kurang bagus, dan otomatis harga jualnya pun mengalami penurunan.
Kenaikan harga cabai juga dikeluhkan para pembeli. “Kalau musim hujan harga cabai jadi mahal, apalagi kemarin waktu menjelang tahun baru, harga cabai semakin mahal,” ujar Tia, salah seorang pembeli. (blogkatahatiku.blogspot.com)