26 January 2014

LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Just Say, Didik Pelajar Menuju Persaingan Global

Foto: Pribadi
Persaingan di era global yang semakin ketat menuntut masyarakat, terutama kaum muda yang produktif dan visioner, untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris sebagai modal utama. Masyarakat yang produktif saat ini mesti terampil berbahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan dunia global.
Jika kemampuan berbahasa asing itu kurang memadai, maka biasanya akan kalah bersaing, baik di negeri sendiri maupun di mancanegara. Pasalnya, saat ini masyarakat tidak hanya bisa berbahasa Inggris, akan tetapi juga dituntut dapat berbahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan global.
Untuk itulah, banyak perusahaan asing dan nasional yang mensyaratkan penyertaan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang otentik. Sebab yang dibutuhkan bukan lagi sekadar bisa bahasa Inggris, namun benar-benar mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris dalam aktivitas di dunia internasional.
Hal itu diungkapkan Promotion Representatif Just Say Makassar, Dhinie Meriany atau yang akrab disapa Dini, kepada KATA HATIKU yang menyambanginya di kantor Just Say Makassar, Lt 2 Wisma Kalla, Jalan Sam Ratulangi, Makassar.
Menurutnya, Just Say merupakan lembaga pendidikan bahasa Inggris yang memiliki visi ke depan agar masyarakat, khususnya para pelajar dapat berkontribusi dalam interaksi dunia dengan menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
“Perusahaan jasa pendidikan bahasa Inggris kami basisnya berada di Bali, dan Just Say baru hadir dan berjalan kurang lebih setahun di Makassar,” jelas wanita yang ramah ini.
Just Say sendiri, ungkap Dini, berencana untuk mengembangkan atau membuka tiga cabang lagi di Makassar. “Rencananya berlokasi di Gedung Graha Pena, Jalan Urip Sumoharjo, Sungguminasa, dan wilayah Tanjung Bunga.”
Sewaktu launching di Makassar, Just Say memiliki promo di mana hanya dengan membayar Rp 50 ribu, peserta atau murid bisa menikmati tiga kali pertemuan. Kala itu, setiap pertemuan berdurasi satu jam.
“Pengajar atau tutornya juga sangat berkualitas. Selain itu, para peserta juga bisa bercakap langsung dengan tutor dari luar negeri seperti Australia dan Austria via Skype sehingga akan lebih memperlancar kemampuan bahasa Inggris para peserta atau murid,” terang Dini.
Sementara itu, Branch Manager Just Say Makassar, Andi mengungkapkan bahwa lembaga pendidikan bahasa Inggrisnya memiliki keunikan tersendiri yang menjadi pembeda dari tempat kursus bahasa Inggris lainnya yang ada di Makassar.
 “Misalnya, metode-metode pembelajaran yang kami lakukan, di mana satu murid akan didampingi oleh satu tutor. Sedangkan materi juga akan dibuatkan sesuai dengan kebutuhan,” sebutnya.
Andi menjelaskan, kategori usia murid atau peserta yang bisa bergabung di Just Say dimulai dari kelas 1 SD ke atas hingga orang dewasa.
“Just Say sendiri masuk ke Makassar pada awal Januari 2013 lalu. Keunikannya, Just Say bisa dilihat dari materinya yang lebih customize, penggunaan waktu yang lebih fleksibel, di mana murid berhak menentukan sendiri hari apa dan jam berapa ia ingin mengikuti kursus atau pembelajaran, serta adanya penggantian waktu di mana jika murid berhalangan hadir pada satu hari maka ia berhak menggantinya dengan hari lain tanpa dikenakan biaya tambahan,” paparnya.
Ditambahkan, jika murid merasa kurang mampu pada satu materi maka ia berhak mengulangi materi sebanyak satu kali tanpa dikenakan biaya tambahan lagi. “Maksimal waktu pembelajaran adalah dua jam, tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)