28 January 2014

KNOWLEDGES TAK LEPAS DARI MOTIVASI

ANDREW NUGRAHA
Motivator dan Managing Director Anugerah Media Buana
“Knowledges Tak Lepas dari Motivasi”

Foto: Pribadi
Pentingnya motivasi untuk meraih kesuksesan tidak dapat dipungkiri lagi kontribusinya bagi pengembangan diri seseorang. Akan tetapi, untuk menumbuhkan motivasi dalam diri seseorang tidaklah mudah lantaran motivasi juga sering dipengaruhi oleh perasaan dan emosional yang ada dalam diri seseorang.
Meski “sukses” yang ingin dicapai adalah sebuah kata yang sangat sederhana, namun untuk menggapainya diperlukan korelasi proses yang cukup panjang. Selain membutuhkan segala daya upaya yang sangat gigih, pencapaian kesuksesan juga membutuhkan adanya motivasi yang kuat dari dalam diri seseorang. Dengan berbekal motivasi diri yang kuat, secara tidak langsung mampu menggerakkan seseorang untuk mulai berusaha mendekatkan diri dengan kesuksesan yang dicita-citakan.
Esensi tersebutlah yang ingin dicapai oleh salah seorang motivator kenamaan Indonesia, sekaligus Managing Director Anugerah Media Buana (AMB), sebuah lembaga yang bergelut di bidang motivasi, mindset, dan teamwork training, Andrew Nugraha.
Saat ditemui di beberapa waktu lalu di sela acara “Indonesia Sales Superstar” di Lantai 2 Wisma Kalla”, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, pria enerjik ini mengungkapkan bahwa motivasi penting untuk meningkatkan kinerja seseorang, khususnya salesman yang bergelut di usahanya masing-masing.
Dikatakan, seminar yang mengulas bagaimana meningkatkan efektivitas kerja sales ini merupakan knowledges atau pengetahuan yang dikemas dalam bentuk motivasi.
“Motivasi itu seperti bahan bakar minyak (BBM), seperti bahan bakar untuk sebuah kendaraan. Sebagus apapun kendaraan itu, kalau tidak ada BBM-nya maka kendaraan itu tidak akan berjalan,” jelasnya.
Andrew menganalogikan kendaraan itu seperti orang yang memiliki knowledges bagus, tetapi tidak memiliki motivasi yang diibaratkannya bensin. Sehingga seseorang yang mempunyai pengetahuan yang luas, namun tidak memiliki motivasi maka hasilnya akan timpang dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Terkait objek sales yang menjadi tema seminarnya kali ini, pria yang telah menjadi motivator sejak 2005 tersebut mengatakan bahwa ia selalu mengangkat hal-hal mendasar tentang humanistik, seperti sales yang menjadi bagian penting dari sebuah instansi.
Selain itu, pria yang sering menulis opini karier di beberapa surat kabar nasional ini juga memaparkan bahwa sales adalah salah satu komponen penting dari sebuah pemasaran dalam instansi manapun sehingga perannya tak dapat diabaikan.
“Sales adalah orang-orang yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Sebab itu, sales adalah orang yang hampir setiap hari mengalami penolakan. Sales juga adalah orang yang hampir setiap hari menghadapi tantangan. Ketika sales mengalami hal-hal seperti itu, biasanya spirit mereka akan menurun. Untuk itulah sales perlu diberi motivasi agar mereka dapat kembali bersemangat,” ungkap salah seorang pengisi kolom suara di program “Smart Career” di Radio Smart FM Makassar ini.
Foto: Pribadi
Diterangkan, saat ini setiap usaha harus mengikuti dunia yang semakin dinamis. Oleh sebab itu, sebagai salah satu komunal yang langsung berhadapan dengan pelanggan, para sales yang merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan diharuskan memiliki knowledges yang baik serta didukung oleh motivasi yang kuat untuk maju.
“Untuk itulah tujuan dari seminar motivasi yang kami lakukan, sehingga ketika pulang orang dapat membawa hasil, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan masing-masing,” tuturnya.
Dalam seminar yang dihadiri 150 orang dari berbagai instansi bisnis di Makassar ini, Andrew sekaligus memberikan penghargaan kepada beberapa orang sales produktif dengan penjualan produk yang fantastis sebagai “Indonesia Sales Superstar”, di antaranya sales dari PT Toyota Kalla, KIA Motor, PT Megahputra Pratama, dan lain-lain.
Sebelumnya, dalam event-event serupa, pria yang gemar memasukkan unsur jenaka dalam setiap bahasan materi seminarnya ini selalu menekankan pentingnya memadukan knowledges dengan motivasi. Ia juga selalu memberi wawasan kepada peserta seminarnya agar dapat menumbuhkan ide-ide kreatif untuk mencapai target perusahaan.
Secara spesifik, pria yang berpredikat “Indonesia Most Powerful Trainer” ini berharap apa yang telah disampaikannya melalui seminar-seminar motivasinya dapat membawa perubahan yang berarti bagi setiap orang. Apalagi, hal tersebut merupakan salah satu misi yang diembannya ketika membangun perusahaannya. (blogkatahatiku.blogspot.com)