31 January 2014

FOKUS DISTRIBUSI MEREK PONSEL BRANDED

TRYASTUTI
Leader Marketing Oke Shop Flagship Mal Panakkukang
“Fokus Distribusikan Merek Ponsel Branded”

Foto: Effendy Wongso
Fenomena perkembangan teknologi mutakhir pada bidang telekomunikasi, dalam satu dekade terakhir di Tanah Air, secara tidak langsung turut andil dalam memacu akselerasi perkembangan perangkat telepon seluler (ponsel). Distribusi tampak menggurita, dan melahirkan diler-diler yang bekerja sama dengan mitra atau produsen ponsel ternama.
Sebut saja PT Trikomsel Oke Tbk (Oke Shop), di mana perusahaan yang mulanya didirikan di Jakarta pada 7 Oktober 1996 dengan nama PT Trikomsel Citrawahana ini telah tumbuh menjadi salah satu distributor ponsel terbesar di Indonesia. Tercatat, hingga akhir 2010 saja, jumlah diler dan pusat distribusi perseroan ini sebanyak 11.892 diler aktif dan 108 pusat distribusi gerai.
“Oke Shop merupakan perusahaan penyedia produk dan layanan telekomunikasi seluler ternama di Indonesia. Aktivitas usaha dilakukan melalui jalur distribusi dan ritel dengan tujuan mewujudkan visi perusahaan, yakni memberikan produk berkualitas kepada konsumen agar tercipta kepuasan sehingga dapat meraih kepercayaan sebagai salah satu ritel ponsel terpercaya,” jelas Leader Marketing Oke Shop Flagship Mal Panakkukang di Mal Panakkukang (MP), Makassar, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu menyoal perkembangan yang luar biasa pada industri ponsel.
Menurutnya, selama ini Oke Shop telah menjadi mitra beberapa produsen ponsel ternama seperti Nokia, Samsung, Sony, Hewlett-Packard, HTC, dan Lenovo. Hal ini semata menjaga kualitas produk yang dijual di Oke Shop.
“Terus terang, saat ini masyarakat sudah sangat cerdas. Mereka dapat memilah, mana produk (ponsel) yang berkualitas, mana yang tidak. Sehingga, untuk masalah price itu sifatnya relatif. Saya kira, harga mahal sedikit tapi produknya bagus dan tahan lama, itu malah menguntungkan. Itulah sebabnya pihak kami fokus menjual dan mendistribusikan ponsel-ponsel dengan brand besar saja, dan tidak menjual ponsel China,” ungkap wanita yang telah berkarya selama lima tahun di Oke Shop ini.
Diterangkan, untuk Oke Shop Flagship Mal Panakkukang, produk yang paling diminati masyarakat adalah ponsel merek Samsung.
“Sebenarnya merek-merek ponsel yang kami jual, market-nya sama bagusnya, tapi beberapa bulan terakhir ini, Samsung sedikit lebih laris. Ya, penyebabnya tidak lain karena masyarakat sudah mengenal Samsung sebagai pionir produsen smartphone,” bebernya.
Adapun merek ternama yang disebutnya, dibanderol dengan harga bervariatif tergantung model dan fitur yang diusungnya. “Kalau smartphone Samsung, harganya ada yang berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 8 juga,” imbuhnya.
Ketika ditanya, bagaimana pihaknya menyiasati iklim yang kian kompetitif di usaha penjualan ponsel, Tryastuti menjelaskan bahwa Oke Shop selalu mengeluarkan program promosi.
“Kami rajin mengeluarkan promosi, misalnya promosi ‘Trade In’ yang berlaku 1 September 2013  hingga 6 Januari 2014. Promosi ini adalah program tukar tambah bagi yang ingin memiliki ponsel baru. Jadi pelanggan yang ingin membeli ponsel baru di Oke Shop, dapat menukarkan ponsel lama mereka dengan ketentuan tertentu yang telah diputuskan oleh Oke Shop,” urainya.
Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga keuangan nasional dan internasional terkemuka seperti ANZ Panin, Standard Chartered, HSBC, dan lain-lain untuk memudahkan masyarakat bertransaksi di Oke Shop.
“Untuk memperluas jaringan distribusi, kenyamanan pelanggan dan jangkauan pasar yang lebih luas, perusahaan meluncurkan layanan penjualan telepon seluler secara online melalui oke.com. Situs ini menjadi toko online pertama di Indonesia yang menawarkan alat telekomunikasi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit,” sebutnya.
Tryastuti menjelaskan, untuk mempertahankan eksistensi perusahaannya sebagai salah satu diler ponsel terbaik di Indonesia, pihaknya senantiasa membekali sumber daya manusia (SDM) yang unggul di setiap Flagship Oke Shop, juga produk serta layanan yang tepat dengan didukung oleh sistem informasi dan operasional yang andal.
“Buktinya, pada 2012 lalu, majalah Asiamoney memberikan penghargaan kepada Oke Shop sebagai Best Managed Companies Award 2011 untuk kategori Small-Cap Corporate of The Year di Indonesia, yakni sebuah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki kriteria bussiness strategy, innovation, leadership, dan shareholder’s right yang baik selama 2011,” tandasnya. (blogkatahatiku.blogspot.com)