04 January 2014

DIET YANG IDEAL

DARI GAYA HIDUP SAMPAI POLA MAKAN

Foto: Dok KATA HATIKU
Kekeliruan seseorang pada umumnya saat menjalani diet adalah  terlalu membebani diri terhadap sebuah ukuran, sehingga kondisi itu menjadi menyiksa diri mereka. Padahal,  jujur saja selain berbelanja ada sebuah hasrat lain yang sukar untuk diredam kala keinginan itu menyeruak ke permukaan. Bukan hal lain, melainkan kenikmatan untuk dapat dengan lahap menyantap setiap sajian favorit Anda.
Banyak penelitian yang menunjukkan ketika seorang dengan sengaja menekan dan melarang diri untuk pantang pada jenis-jenis makanan tertentu, maka semakin besarlah keinginan untuk memakan lebih banyak lagi.
“Umumnya orang, khususnya wanita itu memang hobi makan dan mengudap ketika mereka dipaksa agar melupakan saja hobinya tersebut. Mereka cenderung menjadi depresi dan menghibur diri dengan mengudap lebih banyak dari sebelumnya,” demikian diungkap Tracy Tylka PhD, seorang asisten profesor di bidang psikolog pada Ohio State University.
Nah, berikut ada enam cara sederhana yang tak mencekik nafsu makan Anda sebagai makhluk normal yang memang perlu makan.

Makan Enak yang Sehat
Dibandingkan saat diet Anda terobsesi dengan sebatang coklat yang pada akhirnya malah akan menghancurkan program diet Anda. Sebelum terlanjur terjadi, akan lebih baik dicegah dengan memulai diri membiasakan memakan makanan sehat. Siapa pun yang bilang jenis makanan sehat berarti tawar rasa adalah salah besar, sebab kini semakin banyak resto khusus menyajikan healthy food dengan rasa yang menggugah selera. Yang membuatnya beda adalah penggunaan bahan-bahan dasar makanan pilihan yang sesuai kebutuhan sehat. Lalu, makanan banyak serat terkenal dengan khasiatnya yang tinggi, melancarkan pencernaan, cepat membuat kenyang dan mencegah Anda untuk terus menerus melahap makanan.

Joging
Jika Anda memang tipe malas untuk berolahraga, datang ke gym bagi Anda bagai waktu yang terbuang sia-sia. Nah, ada satu solusi yang menyenangkan, di mana kegiatan ini terbilang santai tetapi mengasyikkan yaitu jalan-jalan santai di pagi hari bersama anjing kesayangan Anda. Awali dengan berjalan ringan terlebih dulu, kemudian kala Anda merasa tubuh mulai memanas, dengan sendirinya kaki Anda akan mempercepat langkah sehingga seterusnya tanpa Anda sadari Anda sudah joging atau berlari bersama anjing piaraan Anda tersebut.
Menurut Rebecca Johson, PhD, seorang penulis artikel kesehatan di berbagai majalah kesehatan di Amerika Serikat, program diet tanpa olahraga memakan waktu lama untuk lemak tubuh terkikis banyak. Sebaliknya, jika Anda rutin olahraga tanpa diet, bobot tubuh tetap akan surut dan kelebihan lainnya adalah tubuh menjadi tampak lebih padat.

Tidur Malam yang Cukup
Dengan tidur malam yang cukup selama tujuh hingga delapan jam sehari, maka akan mencegah tubuh untuk memproduksi lebih banyak timbunan lemak. Teorinya begini, apabila di malam hari di mana sudah waktunya Anda memejamkan mata tetapi Anda justru masih terjaga, maka kondisi ini akan merangsang diri untuk mengudap makanan-makanan manis di malam hari, tentu saja Anda tahu, aktivitas itu pastinya akan sukses membuat tubuh semakin melebar.
“Kurang tidur malam menyebabkan tubuh untuk memproduksi kortisol, yaitu hormon penjangkit stres, bila kerap kali Anda kurang tidur, semakin banyak kortisol yang dihasilkan semakin banyak pula lemak pada perut, karena kortisol memiliki link ke jaringan lemak di perut,” urai James Gangswisch, PhD, asisten profesor bidang psikiatri di Columbia University Medical Centre, New York, AS.
Dikatakan, tidur yang baik adalah tidur yang tidak diganggu oleh kehadiran sinar apapun, baik itu lampu, TV yang dibiarkan menyala, dan sebagainya. Mengapa? Karena dengan adanya sinar sekecil apapun, mata Anda tidak pernah benar-benar istirahat.

Jangan Takut Pedas
Tambahkan cabai dan bumbu-bumbu dengan rasa pedas ke dalam makanan Anda, sebab menurut penelitian yang dilakukan The Endocrine Society’s di San Fransisco, makanan yang pedas akan menghalangi Anda untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.
Beberapa pria dan wanita yang kelebihan berat badan berhasil menurunkan bobot sebanyak 30 pounds dalam waktu enam bulan saja dengan trik sederhana  tetapi cerdas, yaitu menyampurkan bumbu sambal yang pedas di setiap menu makanannya. Sebab dengan rasa yang pedas akan merangsang Anda untuk lebih banyak minum air putih sehingga membuat perut menjadi cepat kenyang.

Jadilah Orang yang Periang
Seseorang yang kerap cepat merasa sedih, muram dan penuh durja, ditemukan lebih banyak mengudap makanan ringan yang manis-manis dibandingkan mereka yang periang dan banyak tertawa. Benar, ternyata tertawa itu dapat melangsingkan tubuh, menurut sebuah riset yang sempat dilangsungkan di Vanderbilt University, Nashville, ketika Anda tertawa maka jantung Anda akan lebih terpacu sebanyak 20 persen dari detak normalnya yang kemudian jadi memperlancar sistem pencernaan.
“Otot perut akan berkontraksi kala seseorang sedang tertawa, hal ini mampu mengencangkan otot-otot perut Anda,” jelas Mac Buchowski, PhD.
Pasalnya, metabolisme tubuh yang terpacu karena tertawa selama 15 menit mampu mengikis 14.600 kalori per tahun. (blogkatahatiku.blogspot.com)