26 January 2014

BERWISATA KE TURKI

Foto: Dok KATA HATIKU
Liburan panjang yang biasanya bertepatan dengan hari-hari raya keagamaan adalah momentum tepat jika ingin berwisata atau berpelesir, menyaksikan keindahan negeri lain. Nah, berkunjung ke Turki dapat menjadi alternatif utama bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun kerabat. Jadi, segera dapatkan pengalaman indah yang tak terlupakan dengan berlibur di Turki.
Turki adalah sebuah negara yang terletak di perbatasan Benua Asia dan Benua Eropa, di mana negara yang beribu kota Ankara ini memiliki panorama yang “amazing”. Tak hanya itu, tempat-tempat bersejarah di Turki pun menarik untuk dikunjungi dan dipelajari. Memang, saat menjejakkan kaki Anda di Turki, maka terdapat berbagai  tempat wisata yang sayang seribu sayang bila dilewatkan begitu saja.
Pasalnya, selain memiliki pemandangan yang indah, Turki juga memiliki aneka kuliner yang sangat menggoda dan menitikkan liur bagi yang mencicipinya. Kebudayaan Turki dan penduduknya yang ramah-ramah pun sudah barang tentu akan menambah hangatnya suasana liburan Anda sekeluarga.

Dari Istanbul ke Cappodacia

Bila Anda sudah menginjakkan kaki di Turki, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Istanbul. Istanbul merupakan salah satu kota di Turki yang paling diminati para wisatawan. Di kota ini terdapat sebuah masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Biru. Masjid ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu keindahan arsitektur serta desain interiornya yang sangat indah.
Setelah itu Anda boleh melanjutkan petualangan Anda ke Anatolia (Anatalya). Anatolia terletak di bagian selatan Turki. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi, di mana kota ini merupakan kota yang indah dan tempat berdirinya Kuil Zeus Aizanoi. Kuil Zeus Aizanoi adalah kuil zaman Romawi yang berdiri kokoh dan terawat ini merupakan salah satu peninggalan dan cagar budaya dunia yang dilestarikan oleh Unesco
Lanjutkan langkah Anda ke Pamukkale yang terletak di Provinsi Denizli, barat daya Turki. Tempat  ini adalah daerah yang terendam air panas dengan kalsium karbonat yang menciptakan keunikan berupa batu kapur dan travertine. Serupa dengan Kuil Zeus Aizanoi, daerah ini juga merupakan warisan dunia yang dilindungi oleh Unesco.
Berkunjung ke Turki memang tidak terasa lengkap jika Anda belum menginjakkan kaki ke Ibu Kota Turki, Ankara, di mana kota ini menjadi pintu gerbang kawasan-kawasan daerah unggulan. Ankara dan sekitarnya sebenarnya bukanlah tempat wisata utama, namun sayang untuk dilewati.
Kota ini  sangat menarik dan tiada salahnya untuk dikunjungi karena menawarkan beragam atraksi wisata khas perpaduan Timur Tengah dan Eropa. Setelah puas di Ankara, Anda dan keluarga boleh ke Cappodacia, di mana tempat ini ini merupakan juga merupakan peninggalan sejarah dunia.
Pemandangannya sangat menakjubkan, dengan panorama alam indah dan udara yang segar melengkapi hasrat Anda berkunjung ke negeri indah dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam ini.

Foto: Dok KATA HATIKU
Wisata Kuliner

Siapa yang tidak kenal Kebab? Kebab adalah makanan khas Turki dengan komposisi daging panggang yang lezat, sayuran segar dan saus mayonnaise istimewa yang diracik secara khusus dalam gulungan tortilla. Setelah menyantap Kebab, lidah Anda boleh dimanjakan dengan Es Krim Turki sekaligus sebagai pencuci mulut. Beda dengan es krim biasa, Es Krim khas Turki ini merupakan es krim unik yang sangat lezat.
Es Krim ini terbuat dari susu kambing dengan adonan sejenis Sahlep (minuman khas Turki) yang terbuat dari anggrek, sehingga sukar meleleh. Penjual Es Krim Turki ini sering iseng dengan main adu cekatan. Jadi bisa jadi ia pura-pura memberikan es krim kepada Anda, lalu mendadak ditarik kembali sambil berpura-pura menambahkan sedikit es krim. Atau saat conthong penuh es diberikan kepada Anda (sebetulnya conthongya ada dua), Anda hanya diberi yang kosong. Pembeli biasanya tergelak menyaksikan teatrikal dadakan yang lucu dan mengocok perut ini.
Anda yang belum kenyang dapat mencicipi Meze. Meze adalah pilihan makanan pembuka atau hidangan kecil yang sering disajikan dengan minuman (beraroma manis seperti arak, ouzo, raki atau anggur yang berbeda). Orang Turki sangat suka mengudap berbagai jenis hidangan pembuka benama Meze ini yang mirip Tapas (penganan) Spanyol.
Jenis Meze sendiri ada ratusan, selain dolma yang sangat populer, berbagai sajian yang dicampur yoghurt juga disukai. Misalnya, yoghurt dengan rajangan timun dan bawang bombai, mirip penganan bernama Raita di India. Dalam baki Meze yang biasanya langsung ditawarkan setelah tamu duduk, juga sering tampak buah zaitun, madu, keju kambing, dan kaymak (krim susu). Madu dipakai untuk dioleskan pada keju kambing, atau dicampur dengan kaymak atau yoghurt. Meze dihidangkan dalam berbagai kelompok rasa, asam, gurih, manis, dan pedas. Kalau ditinjau dari bahannya, Meze dikelompokkan lagi ke dalam daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, hasil laut lain, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.
Tidak puas makan Meze, Anda dapat mencicipi Baklava. Ini adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat bekas kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis.
Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep Baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di China. Nama lain Baklava disebut Gullach. Setelah menikmati hidangan ringan tersebut, Anda sekeluarga dapat meneguk Boza dan Sahlep (kalau di Indonesia mirip wedang jahe atau kopi jahe), yang merupakan minuman populer di musim dingin.
Yang pertama dibuat dari fermentasi ringan millet dan selera mirip eggnog. Sahlep, di sisi lain disajikan panas di kafe atau di atas kapal feri pesiar, dan tempat-tempat umum lainnya. Jenis minuman ini terbuat dari umbi-umbian yang dilumatkan bersama anggrek liar. Rasanya sangat manis dan wangi karena ditaburi kayu manis (cinnamons), dan merupakan teman sempurna pada hari musim dingin.

Foto: Dok KATA HATIKU
Kebudayaan Islam

Cuci mata di Turki tak afdol rasanya jika tidak menonton Tari Sema. Para Darwis (penari) menampilkan Tari Sema, salah satu tarian dari Turki ciptaan Maulana Jalaluddin Rumi. Maulana Jalaluddin Rumi atau biasa dikenal dengan nama Rumi adalah seorang filosofi Islam yang hidup sekitar sembilan abad yang lalu di Turki. Rumi dalam ajarannya menekankan toleransi, berpikir positif, ketuhanan, kemanusiaan, dan kepedulian tak terbatas atas nama cinta. Tarian yang menggabungkan unsur seni dan religi ini didominasi gerakan berputar dengan menengadahkan tangan ke atas. Hal ini bermakna bahwa manusia dan bagian-bagiannya (elemen tubuh) merupakan kesatuan perputaran sebagaimana berputarnya struktur penyusun tubuh, aliran darah, perputaran asal manusia dari lahir sampai mati, dan berputarnya manusia menyertai perputaran bumi.
Setelah puas, Anda dapat menikmati musik dan kaligrafi khas Turki. Turki merupakan sebuah negara yang kaya akan budaya, di antaranya musik tradisional dan lukisan-lukisan. Selain sebagai hiburan, seni ini dapat difungsikan sebagai penenang pikiran dan peregang stres.
Menarik bukan? Nah, setelah membaca referensi tentang keindahan Turki, maka negara ini dapat menjadi tempat paradais pilihan Anda dan keluarga. Tempat-tempat wisata di atas tadi hanya sebagian kecil dari sekian banyak daerah dan kebudayaan maupun kuliner menarik dari Turki. Tunggu apa lagi, langkahkan kaki Anda menuju nuansa unik perpaduan budaya barat serta timur yang memesona di Turki ini. (blogkatahatiku.blogspot.com)