01 January 2014

Angelina Only, Bangun Bridal dengan Konsep Beda


KONSEP - Seperti apa konsep busana pengantin untuk pernikahan Anda? Jelas, momentum yang lazimnya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup ini harus dirayakan sebagus mungkin, sederhana atau meriah, tergantung dari ragam pilihan dan gaya busana Anda. Berbekal pengalaman saat berkarya di Mustika Ratu, Jakarta, Angelina Only pun mengimplementasikan pemahaman menyoal bridal sesuai pengetahuan terbaik yang dimilikinya. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Seperti apa konsep busana pengantin untuk pernikahan Anda? Jelas, momentum yang lazimnya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup ini harus dirayakan sebagus mungkin, sederhana atau meriah, tergantung dari ragam pilihan dan gaya busana Anda. Berbekal pengalaman saat berkarya di Mustika Ratu, Jakarta, Angelina Only pun mengimplementasikan pemahaman menyoal bridal sesuai pengetahuan terbaik yang dimilikinya.
Itu pulalah yang melecut wanita muda berdarah Tionghoa kelahiran Makassar, 13 Januari 1990 ini untuk berkecimpung di dunia mode dengan mendirikan “Angel Bridal”, Jalan Gunung Latimojong 130, Makassar. Kepada BLOGKATAHATIKU yang menyambanginya langsung di tempat usahanya beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan bahwa sebagai pendiri dan pemilik Angel Bridal, ia tidak segan-segan terjun langsung dan terlibat dalam kesibukan bridalnya, baik dalam merias (make up) maupun sekadar menemani klien.
Angel Bridal berdiri sejak Mei 2010, dengan pelayanan layaknya seperti salon, akan tetapi lebih fokus ke arah bridal dan make up, serta jasa penyewaan gaun pengantin, gaun tunangan, dan gaun pesta. Ide membangun usaha bridal sendiri, dikatakan Angel, demikian ia dipanggil, berasal dari hobi dan kecintaannya terhadap dunia mode.
“Saya senang dengan bidang seperti ini. Angel Bridal ini merupakan usaha bridal pertama yang saya miliki. Antusias masyarakat terhadap Angel Bridal sangat bagus, para klien mengaku puas karena pelayanan yang kami berikan sangat baik dan maksimal,” tutur wanita anggun yang hobi mendengarkan lagu-lagu Mandarin ini.

Tipe Minimalis
Untuk lebih mengenalkan Angel Bridal kepada khalayak, istri dari Rizal Winarto ini mengatakan rutin mengadakan pameran bertema wedding setiap tahun, misalnya dalam kegiatan Wedding Festival yang diselenggarakan Hotel Makassar Golden. “Ya, ini agar kami dapat lebih meningkatkan minat masyarakat terhadap Angel Bridal, di samping itu tentu saja sebagai ajang untuk mempromosikan Angel Bridal kepada masyarakat luas.”
Seingatnya, event pameran wedding pertama digelarnya di Trans Studio Mall (TSM), Makassar, November 2010 lalu. “Dengan event-event tersebut nantinya, saya berharap masyarakat dapat mengenal Angel Bridal.”
Ketika membangun bridalnya, putri pertama pasangan Only Johnny dan Nirinda Kuang ini turut terlibat dalam konsep yang diusungnya, yakni tipe minimalis. “Saya menyenangi tipe minimalis, tapi dengan interior yang berkesan mewah. Makanya, warna yang saya pilih juga tidak sembarangan. Adapun jenis koleksi gaun pengantin, kami menyediakan bermacam tema pilihan, seperti klasik, elegan, glamor, dan modern. Namun, gaun yang menjadi favorit klien kami di sini adalah gaun pengantin klasik.”

Tema Klasik
Wanita muda berwajah khas oriental ini menambahkan, gaun pengantin dan gaun lainnya dengan tema klasik menjadi pilihan banyak kliennya, karena motif dan desainnya memang berbeda dengan bridal yang lain. Selain itu, Angel Bridal juga menerima masukan tema untuk gaun pengantin atau gaun lainnya yang dipesan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para klien.
“Pihak Angel Bridak selalu berusaha menanyakan keinginan klien untuk setiap gaun yang ingin dipesan, karena yang utama bagi kami adalah kepuasan klien,” ujar wanita yang menghabiskan masa kecilnya di Watampone, Kabupaten Bone, Sulsel ini.
Untuk pengembangan bisnisnya ke depan, ia mengatakan akan mempersiapkan konsep busana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, di 2014 ini pula, paling tidak ia bisa lebih sukses dibanding tahun-tahun lalu.
“Sebenarnya, 2013 lalu tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun tahun baru bagi saya senantiasa bermakna sebagai awal untuk memulai strategi baru,” tandasnya.

Simpel tetapi Berani
Busana pengantin warna putih masih menjadi favorit. Warna ini nyatanya memang digemari sepanjang masa, untuk mempercantik penampilan di hari nan istimewa. Namun demikian, modelnya mengalami pergeseran. Angel menyebut, banyak wanita yang menyukai gaya busana pengantin simpel, dengan tata rias berwarna terang, diseimbangkan dengan tata rambut simpel. Paling tidak, itu warna yang dominan pada sejumlah gaun pengantin yang tertata rapi di etalase Angel Bridal, juga pada sejumlah manekin di tempat usahanya.
Pengantin wanita di era kini, sebutnya, ingin tampil beda namun tak berlebihan. Alhasil, pilihan gaun pengantin pun lebih simpel namun tetap menonjolkan sisi elegan. Penampilan lebih menarik dengan tata rias wajah menggunakan warna terang yang berani, dengan tata rambut yang sederhana. “Simpel tapi berani, menjadi konsep penampilan yang disukai pengantin wanita.”
Demikian konsep “beda” yang dikemukakan Angel. Adapun jam operasional Angel Bridal adalah, buka dari 09.00 hingga 17.00 Wita, bisa lebih lama disesuaikan dengan  banyak dan ramainya klien. Untuk Minggu, Angel Bridal buka jam satu siang.