10 January 2014

AKSES BROADBAND BAGI LAYANAN PUBLIK DAN PRIVAT

KIKI MAULANA
Unit Wireless Broadband Telkom
“Akses Broadband bagi Layanan Publik dan Privat”

Foto: Effendy Wongso
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, yang diikuti dengan tingginya kebutuhan terhadap telekomunikasi dan sistim informasi, maka industri telekomunikasi di Indonesia saat ini menjadi bisnis yang sangat prospektif dan menjanjikan. Pasalnya, hal tersebut ditandai maraknya operator atau provider yang terjun ke dalam bisnis ini, baik lokal maupun mancanegara.
Kendati demikian, ada hal yang tidak boleh diabaikan yakni broadband yang merupakan benang merah dari semua akses peranti telekomunikasi tersebut. Adalah Indonesia WiFi yang merupakan jaringan akses broadband, di mana akses ini mengejawantah menjadi media dalam menikmati layanan internet berkecepatan tinggi dan layanan multimedia lainnya.
“Dengan menggunakan teknologi Wireless Fidelity (WiFi) terbaru berdasarkan pada spesifikasi IEEE 802.11, Indonesia Wifi sudah dilengkapi dengan sistim kontrol yang dapat dijamin kehandalannya,” kata Unit Wireless Broadband Telkom, Kiki Maulana, saat ditemui beberapa waktu lalu di Outlet Telkom, Trans Studio Mal (TSM), Jalan HM Dang Patompo, Mentro Tanjung Bunga, Makassar.
 Dijelaskan, Indonesia WiFi sudah mendukung teknologi EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-SIM) sehingga pengguna bisa langsung terhubung ke jaringan Indonesia WiFi secara seamless (tidak perlu memasukkan username dan password). Namun layanan seamless ini juga masih harus disupport oleh kapabilitas handset yang digunakan, di mana saat ini handset yang sudah mendukung teknologi EAP-SIM adalah Blackberry (OS 5, OS 6, OS 7) iPhone (4S) iPad (3G WiFi), Nokia (E Series), Android (Huawei Media Pad), dan akan berkembang lebih banyak lagi seiring dengan perkembangan teknologi.
“Indonesia WiFi bisa dinikmati oleh semua orang yang menggunakan perangkat support WiFi di Area @WiFi.id. Pembangunan jaringan Indonesia WiFi masih terus berlanjut sebagai upaya untuk memperkecil digital devide serta mendukung percepatan MP3I (Master Plan Percepatan Ekonomi Indonesia). Saat ini sudah tersedia ribuan titik Area @WiFi.id di Indonesia, baik yang terletak di area public seperti taman, convention hall, mal, transportation hub maupun private area seperti kantor, sekolah, hotel, kafe, maupun restoran,” ungkap Kiki.
Menurutnya, jaringan Indonesia WiFi juga memiliki kemampuan pengaturan berbagai skema bisnis agar dapat secara fleksibel memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti pemilik atau pengelola area publik yang ingin menyediakan layanan internet broadband bagi pengunjung tanpa harus berinvestasi besar untuk membangun jaringan.
“Selain itu, akses ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengelola kawasan pendidikan, misalnya kampus atau sekolah yang ingin menyediakan akses internet bagi siswa dengan jaminan kualitas layanan per user (per siswa),” paparnya.
Ditambahkan, bagi pemilik atau pengelola kawasan komersial, yang ingin menyediakan layanan internet bagi penyewa, dapat menggunakan berbagai skema pembayaran yang dapat disesuaikan dengan keinginan penyedia akses. Begitu pula dengan pengelola gerai, komunitas, event organizer (EO), hotel, restoran, dan sebagainya.
“Untuk akses pada layanan hotel misalnya, pemilik atau manajemen hotel yang ingin menyediakan akses internet bagi para tamu untuk periode tertentu dengan tingkat layanan yang diseuaikan jenis kamar,” tandas Kiki. (blogkatahatiku.blogspot.com)