23 December 2013

TETAP SEHAT KALA MENGOMSUMSI MAKANAN SIAP SAJI


Anda pernah mendengar istilah junk food? Nama junk food berbanding terbalik dengan penampilan dan rasanya. Siapa yang bisa menolak ayam goreng renyah, burger dengan saus barbeque, kentang goreng, milkshake, pizza hm… rasanya menggiurkan, ya?

Sejak dulu junk food menjadi perhatian ahli gizi karena rendahnya kalori dan gizi yang terkandung dalam makanan ini. Menurut penelitian, konsumsi junk food berlebihan menyebabkan berbagai penyakit termasuk obesitas! Walaupun mendapat banyak kritikan keras namun kepopuleran junk food tak terbendung. Anda salah satu penggemar junk food? Nah, kami akan mengajak Anda lebih pintar mengkonsumsi makanan ini.

What is Junk Food
Semua makanan yang mengandung nilai nutrisi yang rendah dikategorikan sebagai ‘Junk Food’. Junk food sangat mudah ditemukan dan dikonsumsi. Umumnya junk food disajikan dengan penampilan yang cantik dengan menambahkan warna dan zat additive untuk memperkaya rasa. Junk food memiliki sedikit sekali kandungan enzim yang memproduksi vitamin dan mineral yang artinya tidak mengandung kalori sama sekali.
Hasilnya tubuh akan memproduksi enzim sendiri yang membuat kita seolah-olah bertenaga padahal tidak. Hingga akhirnya hanya akan membuat tubuh melakukan aktivitas tanpa asupan kalori. Menurut penelitian, mengkonsumsi junk food akan menyebabkan obesitas, kerusakan pada gigi, diabetes, dan penyakit jantung.
Junk food banyak ditemui di beberapa tempat seperti fast food restaurant atau buffet restaurant. Mustahil untuk menghindari tempat-tempat ini. Tak perlu khawatir, tips di bawah ini akan membuat Anda lebih pintar saat harus mengkonsumsi junk food.

Fast Food Resto
Cari tahu pilihan menu yang tersedia. Pilih yang paling sehat di antara semua menu misal, it’s better to choose grilled over fried chicken. Hindari memesan fish sandwich. Biasanya di menu ini ikan selalu digoreng dan ikan goreng menyimpan kalori yang lebih banyak disbanding satu tangkup burger.
Stop memesan menu kombo. Ya, combo menu memang terlihat lebih murah dan mengenyangkan, tetapi menyimpan kalori dalam jumlah yang sangat besar. Anda ‘diharuskan’ menyantap semua makanan dalam paket. Pesan satu menu favorit Anda, dijamin harga tak berbeda jauh dan yang lebih penting Anda kenyang dalam jumlah kalori yang benar.
Apabila memesan burger, singkirkan roti bagian atas, ini akan mengikis setengah dari asupan kalori. Jangan campur salad dengan dressing. Cocol garpu ke dressing sebelum menyentuh sayuran dibanding mencampurnya. Atau ganti mayonnaise atau thousand island dengan vinaigrette dressing, dan Anda sukses membuang 130 kalori dari menyantap salad.
Kurangi mengkonsumsi kentang goreng. Beritahu kepada sahabat-sahabat Anda. Low-fat ice cream or ice milik for dessert. Jangan pesan pie atau sesuatu yang digoreng sebagai dessert. Kurangi intensitas pergi ke fast food restaurant. Seminggu dua kali cukup untuk memuaskan keinginan Anda.

Buffet Restaurant
Pesan air mineral, kopi atau teh. Hindari soda yang dapat meningkatkan selera makan. Saat berada di salad bar, isi piring Anda dengan sayuran hijau, bawang, tomat, dan sayuran lain. Pilih dressing sehat seperti, vinaigrette atau sedikit dressing favorit. Di buffet section, isi setengah piring dengan sayuran, seperempat piring dengan daging dan seperempat bagian lagi dengan karbohidrat. Jangan tambahkan deep fried menu, saus keju atau mentega. Small portion of dessert tentunya.

Pizza Stall
Pesan pizza favorit dan tambahkan topping sehat seperti brokoli, wortel dan sayuran favorit. Panaskan di oven, dan pizza lezat sehat Anda pun siap santap. Buat permainan seru dengan sahabat Anda. Undang mereka ke pizza party dengan syarat membawa topping sayuran kesukaan masing-masing. Lalu adakan lomba membuat pizza dengan topping tersehat. Jangan minum soda! Dua potong pizza cukup untuk satu hari. Kalian dapat minikmati lain hari.

Do Detoks
Terapkan proses detoksifikasi. Gunanya? Untuk membuang racun dalam tubuh. Prosesnya sederhana, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Pilih dua hari dalam seminggu untuk melakukan detoks. Usahakan hari di mana Anda tidak terlalu banyak beraktivitas.
Konsumsi hanya buah, sayuran, dan air putih selama masa detoks. Awalnya memang akan terasa lemas, tetapi Anda akan terbiasa. Setelah terbiasa tambahkan hari menjadi tiga kali seminggu, empat kali seminggu, dan seterusnya. Apabila tidak suka sayuran, Anda bisa mengganti dengan satu sendok liquid chlorophyll yang setara dengan konsumsi satu kilogram sayuran. (blogkatahatiku.blogspot.com)