31 December 2013

TRAVELING YANG MENYENANGKAN (3)



“Melalui Internet”

Meskipun penggunaan internet untuk memesan liburan bisa menghabiskan waktu, tetapi bagaimanapun internet adalah sumber yang sangat baik untuk perencanaan liburan. Jika Anda mengetahui apa yang Anda cari ketika berbelanja liburan melalui internet, pengalamannya bisa menghasilkan liburan yang baik.
Internet mempunyai banyak situs perjalanan yang menawarkan beragam layanan wisata, tetapi sering berubah atau menghilang begitu saja. Diperkirakan ada lebih dari 10 ribu situs perjalanan di internet! Untuk mengetahui mana yang bisa dipercaya, gunakan situs perjalanan yang paling populer, dan jangan pernah memberikan nomor kartu kredit kepada situs internet yang belum Anda selidiki dengan cermat.
Internet telah menjadi alat riset canggih yang bisa menunjukkan tempat-tempat terpencil dan eksotik yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Tetapi sangatlah penting untuk menyiapkan diri sebelum Anda masuk ke dalam internet, dan ingatlah bahwa satu kunjungan ke situs internet tidak selalu menjamin harga terbaik. Waktu yang Anda luangkan ke dalam riset inilah yang akan menjamin harga yang paling baik.
Mulailah dengan membuat kolom-kolom pada sehelai kertas atau arsip komputer, tempat Anda mencatat semua informasi untuk setiap perusahaan penerbangan atau hotel. Kemudian kunjungi situs perusahaan penerbangan dan hotel untuk mencari harga untuk tanggal rencana perjalanan Anda. Anda bisa menemukan alamat internet mereka dengan menggunakan suatu ssstem pelacak (search engine, google misalnya) untuk menemukan situs “travel”. Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang harga rata-rata ketika Anda mulai menawar, atau membandingkan harga dari berbagai situs.
Waspadai aturan dan kebijakan untuk situs perjalanan yang Anda pilih. Misalnya, harga perjalanan udara dan hotel yang mereka tawarkan kedengarannya murah, tetapi mungkin Anda harus menggunakan penerbangan sambungan. Biasanya, semakin banyak penerbangan sambungan yang Anda setujui, semakin murah harga penerbangannya.
Sebelum memesan tempat melalui internet, periksalah kelayakan situs yang Anda gunakan dengan situs Better Business Bureau (BBB). Kunjungi situs ini sebelum Anda memberikan informasi atau nomor kartu kredit, dan periksalah status serta profil perusahaannya. Melalui situs BBB ini Anda bisa mengetahui seberapa banyak keluhan konsumen yang diajukan kepada situs yang sedang Anda teliti ini.
Meskipun jelas Anda harus berhati-hati, tetapi pemesanan liburan melalui internet bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, bermanfaat, dan informatif. Layanan perjalanan dan majalah online seringkali menyediakan banyak informasi tentang tempat yang ingin Anda kunjungi serta berbagai usulan yang bermanfaat tentang penggunaan waktu selama berada di sana. Anda juga bisa menemukan kaitan ke area-area minat lain yang berkaitan dengan liburan Anda, misalnya sistem peringkat publik untuk berbagai tur atau restoran. Dalam beberapa keadaan, Anda bahkan bisa mengatur pemesanan restoran, tiket teater, dan tur melalui situs yang sama tempat Anda memesan perjalanan Anda.
Setelah Anda mengukuhkan rencana perjalanan melalui internet, selalu simpan dan cetak bukti pemesanan Anda. Ini akan menjadi satu-satunya surat resmi dan catatan dari jadwal perjalanan yang harus Anda miliki, jika terjadi sesuatu yang tidak beres. Tetapi sebagian besar perjalanan yang dibeli melalui internet biasanya berjalan mulus. Jika tidak, kita tidak akan melihat orang-orang membelanjakan jutaan dolar untuk perjalanan melalui internet setiap tahunnya! (blogkatahatiku.blogspot.com)