31 December 2013

TRAVELING YANG MENYENANGKAN (2)



“Bidik Tujuan Wisata”

Mungkin sekarang ini aspek tersulit dari perencanaan sebuah liburan adalah memutuskan kemana kita akan pergi. Dengan adanya ribuan tujuan yang menyenangkan, bagaimana kita bisa mempersempit pilihan? Tentu saja semuanya tergantung pada apa yang Anda cari dalam sebuah liburan: iklim yang hangat atau dingin, penjelajahan sisa-sisa peradaban purba, atau berbagai kunjungan ke museum. Mungkin Anda mencari suatu liburan yang mencakup semuanya.
Rencana tindakan terbaik Anda adalah memikirkan kebutuhan dan keinginan Anda, membuat keputusan, dan menjalaninya. Semakin dini Anda merencanakan, semakin banyak kesempatan yang tersedia bagi Anda. Mulailah mencari pilihan Anda begitu dorongan untuk berlibur muncul. Carilah di internet, kunjungi perpustakaan atau toko buku terdekat, hubungi pusat informasi wisata di tempat tujuan, dan kumpulkan semua informasi tentang ke mana Anda ingin pergi.
Boleh saja Anda pergi berdasarkan dorongan hati sesaat dan tetap fleksibel selama liburan, tetapi persiapan jadwal perjalanan sebelum keberangkatan bisa membantu mencegah banyak bencana perjalanan, apakah Anda sedang merencanakan perjalanan satu minggu di kapal pesiar ke Karibia atau hanya terbang ke daerah lain untuk mengunjungi keluarga. Dengan adanya jadwal perjalanan, Anda akan bisa memastikan bahwa Anda menyediakan cukup banyak waktu dan uang untyuk diri sendiri sambil menyingkirkan kegiatan yang tidak Anda minati. Dengan merencanakan perjalanan terlebih dulu kepada keluarga yang akan dikunjungi, mereka juga akan bisa menyiapkan kunjungan Anda sehingga dapat meminimalkan benturan minat dan jadwal.
Dasarkan jadwal perjalanan pada minat anda dan teman perjalanan Anda. Jika Anda dan teman perjalanan Anda tidak suka pada kerumunan orang banyak, pertimbangkan juga musim ketika Anda akan melakukan perjalanan.
Pastikan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi akan buka ketika Anda tiba di sana, dan cari tahu kemungkinan cuacanya. Pilihlah tempat di mana setiap orang di dalam kelompok Anda akan senang, terutama jika Anda bepergian bersama anak-anak. Mungkin ini berarti mengubah jadwal perjalanan ntuk melibatkan tempat yang disukai anak-anak setiap hari. Tidak ada yang lebih buruk daripada melakukan perjalanan bersama anak-anak yang bosan. Meskipun Anda dan pasangan Anda ingin mengunjungi setia museum di Paris, anak-anak Anda mungkin tidak mempunyai minat yang sama.
Jika Anda masih belum memutuskan dan mengalami kesulitan untuk menyenangkan setiap orang, pergilah ke took penjual majalah dan ikuti sura terbanyak tentang tujuan yang paling menyenangkan dari pembaca majalah. Banyak majalah wisata yang membiarkan mereka menangani semuanya? Untuk beberapa keadaan, ya. Petugas profesioanl bisa menjadi sumber yang berharga, yang membagi pengalaman dan kemahirannya. Selain itu, mereka mengetahui potongan harga, harga promosi, dan perjanjian khusus yang selalu berubah-ubah itu. Agen perjalanan yang besar juga mempunyai pengetahuan yang luas tentang Bandar udara setempat, aturan dan kebijakan yang dapat membuat orang kurang tahu berkeliling berjam-jam mencari bagasinya, dan merusak liburannya bahkan sebelum liburan itu dimulai.
Agen perjalanan mengandalkan komisi dari perusahaan penerbangan, hotel, perusahaan kapal pesiar, dan resor yang mereka promosikan dan jual, begitulah cara mereka mendapatkan penghasilannya. Kadang-kadang mereka langsung menarik biaya dari konsumen untuk situasi yang khusus, misalnya mengatur jadwal perjalanan yang rumit atau menangani kelompok besar.
Dengan mengetahui ini, Anda bisa membuat pilihan tentang apa yang akhirnya lebih penting bagi Anda dalam merencanakan liburan mendatang. Ingatlah saja: Terlepas dari apakah Anda memilih menggunakan jasa agen perjalanan atau memesan tempat sendiri, ada satu hal yang pasti. Jika Anda tidak meminta pilihan terbaik, harga terendah, mutu yang bagus, menginap lebih lama, atau sarapan gratis, Anda tidak akan mendapatkannya! (blogkatahatiku.blogspot.com)