31 December 2013

TRAVELING YANG MENYENANGKAN (11)



“Libur Asyik Berbujet Kecil”

Mungkin Anda ingin bepergian, Anda butuh bepergian tetapi anggaran Anda terbatas. Sebelum Anda membuat rencana perjalanan, pertimbangkan pilihan yang lebih murah dan lebih sesuai dengan kantong Anda.
Kadang-kadang nilai tukar uang bisa menjadi faktor penentu tujuan perjalanan Anda. Meksiko, Venezuela, atau Yunani memberi nilai yang besar untuk dolar Amerika, jadi mungkin merupakan ide bagus untuk dipertimbangkan sebagai tempat liburan.
Sebelum berangkat berlibur, Anda juga akan terbantu jika Anda menetapkan anggaran. Tentukan seberapa besar yang akan Anda gunakan untuk perjalanan, penginapan, makanan, dan hiburan. Gunakan anggaran Anda sebagai petunjuk ketika merundingkan harga yang lebih baik. Kemudian pertimbangkan uang yang telah Anda tabung untuk keperluan perjalanan liburan Anda. Kuncinya adalah setia pada anggaran yang telah Anda tetapkan, tidak ada pengecualian!
Pernah bermimpi untuk berlibur di kota seperti New York, San Francisco, atau Boston, dan tinggal dengan gratis? Mungkin saja, jika Anda bersedia menjadi penunggu hewan peliharaan. Periksalah iklan mini di berbagai kota yang mencari penunggu hewan peliharaan. Sebagai pengganti tugas Anda untuk membawa jalan, memberi makan, dan bermain dengan “Si Bleki”. Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang enak dan gratis.
Pilihan lain untuk penginapan gratis atau murah adalah bertukar rumah atau apartemen. Sekali lagi, iklan di koran setempat adalah tempat yang baik di kota atau negara lain. Jika Anda bisa menyesuaikan waktu kepergian Anda, mungkin pertukaran rumah ini sangat cocok bagi Anda.
Dalam hal tiket pesawat, seharusnya Anda tidak perlu membayar penuh. Bersikaplah fleksibel dan periksa setiap kemungkinan tiket yang tersedia serta aturan yang menyertainya.
Berusaha memanfaatkan masa tinggal di hotel dengan sebaik mungkin? Setelah Anda tiba di hotel, cobalah meminta peningkatan layanan, jika Anda mendapatkan sarapan serta cemilan dan minuman gratis di sore hari, Anda bisa menghemat biaya makanan, terutama jika Anda bepergian dengan keluarga.
Ada cara penghematan lain selama liburan. Pertimbangkan membawa sekantong besar cemilan dan sarapan instan. Sebuah pemanas listrik yang tidak terlalu mahal akan membantu Anda memasak di kamar hotel dan menghemat cukup banyak. Bawalah telepon seluler dan pengisi baterainya, sehingga Anda bisa menghemat biaya telepon. Biaya penggunaan telepon seluler Anda akan selalu lebih murah daripada biaya telepon di hotel. Sebuah agen perjalanan menganjurkan untuk menelaah layanan telepon jarak jauh lain, misalnya layanan “callback” yang memungkinkan Anda memprogram sistem mereka untuk menelepon Anda. Anda tidak harus membayar biaya awal yang berlebihan, dan hubungan telepon akan dianggap sebagai panggilan masuk yang gratis.
Dalam hal biaya pengeluaran untuk liburan, perlu diingat bahwa uang yang Anda hemat pada salah satu bagian dari anggaran, misalnya biaya tiket pesawat, sebaiknya digunakan untuk area lainnya, misalnya untuk hiburan. Mencari penghematan di setiap pengeluaran akan membantu merentangkan anggaran Anda. (blogkatahatiku.blogspot.com)