30 December 2013

KAFE PISA



Kuliner Italia yang “Maknyus” di Lidah

Banyak jalan ke Roma, tetapi tentu saja Anda tidak perlu ke Roma atau Italia jika hanya sekadar ingin menikmati kuliner ala Negeri Menara Miring Pisa, Italia. Pasalnya, kafe bernuansa Italia dengan makanan khasnya seperti pizza dan spaghetti ini telah hadir di Kota Anging Mammiri. Adalah Kafe Pisa, Jl Botolempangan 58, Makasar, sebuah kafe populer yang awalnya dikenal sebagai gelateria atau gerai es krim khas Italia.
Akan tetapi itu dulu, sekitar 18 tahun silam di mana Kafe Pisa belum sebagai kafe waralaba atau franchise. Setelah mengembangkan menu kafe dengan berbagai jenis makanan, kafe yang berdiri pada 1993 ini mulai populer, bukan hanya sebagai sebuah gelateria akan tetapi sudah dapat dikatakan resto dengan sajian makanan lengkap. Tentu saja dengan skala dan sajiannya sekarang, sebenarnya Kafe Pisa sudah tidak lagi disebut kafe atau trattoria, namun sudah setara dengan ristorante atau resto.
Daftar menu yang ada di Kafe Pisa juga disusun seperti layaknya restoran di Italia. Mulai antipasti atau hidangan pembuka, sup dan salad, pasta, pizze, secondi di carne (hidangan utama daging), dan secondi di pesce (hidangan utama seafood). Jangan khawatir, bila Anda sedang tidak berselera makan masakan Italia, Kafe Pisa juga menyediakan berbagai sandwiches maupun hidangan Asia seperti nasi goreng ikan asin, ayam asam-manis, sup buntut, dan salmon teriyaki.
Dengan lokasi yang strategis dan suasana nyaman nan representatif, Kafe Pisa memang layak jadi pilihan Anda sekeluarga untuk bersantai sembari bersantap. Salah satunya adalah di mana penataan ruang makan kafe ini memanfaatkan penempatan beberapa meja di ruang terbuka dan balkon, sehingga menciptakan suasana makan “al fresco” seperti di Italia.
Untuk bagian pasta, yang dibanderol antara Rp 39 ribu hingga Rp 66 ribu, Anda akan menemukan beberapa jenis yang sudah umum dikenal seperti spaghetti bolognese, spaghetti carbonara, alla aglio olio peperoncino, fettuccine alfredo, fusili tonno e olive, dan lain-lain. Sesekali Anda juga bisa menyicipi pasta fresca seperti ravioli di carne, ini semacam pangsit isi daging cincang yang dibanderol Rp 49 ribu. Atau, ravioli agli spinaci con crema di gorgonzola yang berisi bayam dan keju yang dibanderol Rp 66 ribu. Pokoknya, semuanya “maknyus” di lidah.
Kafe Pisa juga menawarkan berbagai jenis pizza unik, yang dibanderol antara Rp 45 ribu hingga Rp 115 ribu. Akan tetapi yang paling populer tentu saja volcano, yakni pizza tutup seperti calzone isi pepperoni. Selain itu, ada juga involtino, pizza gulung yang tidak memakai saus tomat. Salah satu kreasi khasnya adalah gindara pizza.
Bagi pengunjung yang gemar makan daging-dagingan, menu yang satu ini tidak bisa Anda lewatkan. Pasalnya, "filetto alla zingara" atau "beef tenderloin"-nya ditumis dengan daging asap dalam saus paprika sungguh menggiurkan, dan ini merupakan salah satu signature dish Kafe Pisa. Adapun menu andalan lainnya adalah grigliata di manzo, yaitu beef tenderloin panggang dengan saus red wine dan jamur.
Nah, bagi Anda yang lebih menyukai ikan, yang dibanderol seharga Rp 69 ribu hingga Rp 110 ribu, pilihannya jatuh pada misto griglia di pesce atau barbeque seafood campur, atau juga salmone primavera dengan saus white wine yang dijamin bikin Anda ketagihan mencicipinya. Walaupun telah bermenu lengkap, akan tetapi Kafe Pisa masih tetap mengutamakan pilihan "gelati" atau es krim Italia khasnya yang merupakan buatan sendiri. Es krim ini bisa dipesan per scoop yang dibanderol Rp 22 ribu, atau dalam bentuk sundae yang dibanderol Rp 63 ribu.

Syarat Waralaba
Sebagai kafe waralaba, Kafe Pisa sudah hadir dalam 16 gerai di sembilan kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Tangerang, Medan, Surabaya, Samarinda, Semarang, Palu, Lombok, dan Makassar. Untuk Anda yang tertarik membuka usaha kuliner berlabel “Kafe Pisa” ini, PT Boga Rahardjo Adipratama mengeluarkan syarat yang tidak terlalu sulit.
Syarat-syarat tersebut di antaranya memiliki minat dalam bisnis makanan dan minuman, memiliki dana investasi yang cukup, memiliki atau menyewa lokasi kafe yang tepat, memiliki badan usaha resmi, bersedia menjalankan bisnis makanan dan minuman mereka sendiri atau menunjuk seseorang yang mampu menjalankan bisnis sebagai waralaba aktif, berkomitmen dalam bisnis, bersedia menerapkan sistem operasional sesuai prosedur operasi standar dan mematuhi aturan yang diberikan oleh PT Boga Rahardjo Adipratama. (blogkatahatiku.blogspot.com)