01 January 2014

JOWVY KUMALA

TELKOMSEL SEMAKIN PERKUAT NETWORK

Foto: Dok KATA HATIKU
Telkomsel sebagai salah satu provider telekomunikasi terdepan di Indonesia semakin gencar memberi layanan terbaik kepada pelanggannya. Sampai di pengujung 2013 ini, pertumbuhan tetap meningkat, dan masih tetap fokus pada pembangunan, khususnya dari segi network.
Hal tersebut diungkap oleh Head of Corporate Communication Pamasuka Division Telkomsel, Jowvy Kumala dalam wawancara singkat di Baruga Telkomsel, Jalan AP Pettarani 3, Makassar, beberapa waktu lalu. Menurutnya, performansi di 2011 saja, Telkomsel membangun 1200 BTS dalam setahun, menjadi sebuah pembangunan terbesar di Indonesia yang dilakukan Telkomsel.
“Rata-rata di tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel hanya membangun satu BTS dalam jangka waktu sebulan, namun di 2011 lalu Telkomsel berupaya mengamankan jaringan dengan membangun tiga sampai empat BTS per hari,” ungkap Jowvy.
Ditambahkan, melihat kondisi jaringan sekarang untuk area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) khususnya, dirasakan belum sepenuhnya mengakomodir kenyamanan pelanggan. Pasalnya, hal itu tidak lepas dari animo masyarakat dan pelanggan untuk dapat memiliki produk Telkomsel yang representatif, ditunjang dengan promo-promo yang dihadirkan untuk menarik minat pelanggan.
“Kami bersyukur karena banyaknya masyarakat yang memilih Telkomsel. Setiap perusahaan telekomunikasi, yang paling penting adalah kualitas jaringan. Meski melakukan program marketing sehebat apapun, tapi kalau tidak didukung dengan kualitas jaringan maka tidak akan ada gunanya,” jelasnya.
Diungkapkan, itulah ihwal kenapa di tahun ini Telkomsel tetap akan fokus membangun jaringan. Rencananya, semua daerah akan terjangkau dan akan menyasar sampai ke pelosok desa. Di saat yang sama pula, Telkomsel tetap melakukan perbaikan dari kualitas data yang ada di kota-kota besar.
Jika di sejumlah daerah kebanyakan menggunakan BTS 2G, maka sekarang yang akan dibangun adalah BTS 3G. Telkomsel menargetkan tahun ini akan menjadi tahun broadband, sehingga konsentrasi layanan lebih fokus k earah broadband.
“Layanan broadband membutuhkan jaringan selevel BTS 3G, dan kami berupaya meng-cover ibu kota kecamatan, kabupaten, dan provinsi dengan BTS 3G,” urai wanita yang low profile ini.
Menunjang kinerja Telkomsel dari segi promo, di awal 2012 lalu, lanjut Jowvy, provider asal merah putih ini mengeluarkan fasilitas Free Blackberry Roaming yang bisa dinikmati di jaringan delapan mitra internasional roaming Telkomsel, yakni SingTel (Singapura), Maxis (Malaysia), CSL (Hongkong), AIS (Thailand), Taiwan Mobile (Taiwan), China Unicom (China), Softbank (Jepang), dan Optus (Australia).
“Ada pula Kartu Facebook yaitu Kartu As yang di dalamnya sudah ada fasilitas Facebook yang tidak perlu diinstal dan dapat langsung menggunakan aplikasi Facebook secara gratis,” ujarnya.
Menyikapi persaingan di dunia telekomunikasi yang semakin kompetitif, Jowvy mengungkapkan optimismenya bagi Telkomsel, dan persaingan sangat dibutuhkan supaya dapat memicu korporat untuk lebih kreatif dan inovatif, di mana pada dasarnya adalah untuk memuaskan keinginan pelanggan.
“Setiap provider memiliki kelebihan dan kekurangan, Telkomsel harus senantiasa jeli melihat kebutuhan pelanggan, dan kebutuhan yang paling urgen adalah masalah kualitas jaringan,” paparnya.
Meski demikian, kekuatan tersebut adalah tetap didukung oleh program penjualan agar bisa terus survive di tengah semakin gencarnya persaingan di dunia telekomunikasi. (blogkatahatiku.blogspot.com)