01 January 2014

AWALUDDIN TAHIR



Foto: Effendy Wongso
XL KOMITMEN HADIRKAN MANFAAT LEBIH UNTUK PELANGGAN
Sebagai salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, XL mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996. XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Tanah Air bagi pelanggan ritel (consumer solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (business solutions).
“XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optic yang luas. XL juga telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan terlekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia,” kata General Manager XL North Region, Awaluddin Tahir saat ditemui di acara “Sharing Experience with Community Photographer, Blogger, Backpacker” di  SAO Eating Mal Ratu Indah (MaRI), Jalan Ratulangi, Makassar, beberapa waktu lalu.
Dijelaskan, XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (Axiata Group) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,549 persen), dan public (33,451 persen) sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Kamboja), Idea (India), Celcom (Malaysia) M1 (Singapura), SIM (Thailand), dan Dialog (Srilanka).
“Saat ini, PT XL Axiata Tbk (XL) terus meningkatkan manfaat layanannya bagi pelanggan. Salah satu manfaat yang semakin menguntungkan adalah roaming internasional untuk akses internet dan Blackberry. Sejak 1 Desember 2012, pelanggan XL prabayar dan pascabayar bisa menikmati gratis akses internet dan Blackberry di 33 negara,” terang Awaluddin.
Dikatakan, seiring dengan terus meningkatnya mobilitas warga negara Indonesia termasuk pelanggan XL saat melakukan perjalanan ke luar negeri, XL terdorong untuk memberikan manfaat lebih pada layanan roaming internasional dengan satu tarif untuk menelepon dan SMS di seluruh mitra sponsor XL, juga layanan gratis akses internet dan Blackberry roaming di 33 negara.
“Layanan gratis internetan di luar negeri tersebut adalah manfaat tambahan bagi pelanggan paket internet HotRot dan XmartPlan bulanan, dengan harga paket minimal Rp 49 ribu untuk menikmati layanan gratis internet selama tiga hari per bulan di sembilan negara, dan satu hari per bulan di 24 negara. Bagi pelanggan Blackberry Full Service bulanan, dapat menikmati manfaat tambahan layanan gratis Blackberry selama tiga hari per bulan di sembilan negara dan satu hari per bulan di 24 negara,” papar pria yang hobi fotografi ini.
Kesembilan negara yang dikunjungi untuk menikmati layanan gratis internet dan Blackberry adalah Bangladesh, Hongkong, Jepang, Kamboja, Makau, Malaysia, Singapura, Srilanka, dan Taiwan. Untuk layanan gratis internet dan Blackberry satu hari dapat dinikmati di Amerika Serikat, Arab Saudi, Australia, Belanda, Belgia, Brunei, Ceko, China, India, Inggris, Irlandia, Italia, Jerman, Kanada, Korea, Mesir, Perancis, Portugal, Qatar, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, Thailand, dan Turki. Pelanggan cukup memastikan saat roaming di negara-negara tersebut, menggunakan mitra operator XL yang bekerja sama dalam layanan gratis internet dan Blackberry ini.
“Setelah kuota layanan gratis internet dan Blackberry habis digunakan, pelanggan tidak perlu khawatir dan tetap dapat menikmati akses internetan dan Blackberry hanya membayar Rp 350 per 10 kilobyte. Untuk pelanggan pascabayar, tarif maksimun hariannya adalan Rp 25.200, sedangkan untuk tarif maksimun hariannya adalah Rp 50.050. Jika pemakaian sudah mencapai batas maksimun harian, maka akses selanjutnya tidak dikenakan biaya seharian. Tarif akan berulang di hari berikutnya,” bebernya.
Ditambahkan, sebelumnya, per 6 Juni 2012 lalu, XL telah meluncurkan program roaming “One Tariff XL”, yang hanya mempunyai skema satu tarif, yaitu menelepon ke nomor Indonesia, menelepon ke nomor lokal atau terima telepon tarifnya sama Rp 3.500 per menit.
“Ya, mau kirim SMS ke mana pun tarifnya sama Rp 3.500 per SMS. Untuk menelepon sambungan langsung internasioal saat roaming (bukan ke nomor Indonesia maupun ke nomor lokal), tarifnya Rp 35 ribu per menit. Terakhir, terima SMS dari siapapun, tidak dipungut biaya. Program One Tariff ini meliputi layanan menelepon dan SMS di luar negeri dengan seluruh mitra operator maritim dan kapal pesiar,” jelas pria yang senang avonturir ini.
Dengan adanya program gratis internet dan Blackberry yang berlaku sampai 15 Agustus 2013 ini, ia berharap pelanggan mendapat kemudahan dan manfaat tambahan untuk akses internet dan Blackberry. “Saya harap roaming secara gratis bagi pelanggan ini bisa mendorong peningkatan penggunaan layanan data XL,” tandas Awaluddin. (blogkatahatiku.blogspot.com)